Home » » Kapal Survei Modern KRI Spica-934 Dikunjungi Masyarakat Di Batam

Kapal Survei Modern KRI Spica-934 Dikunjungi Masyarakat Di Batam

Posted by INDONESIA MANDIRI on Selasa, 03 Desember 2019

Pelajar SMK Maritim dan masyarakat umum di Batam saat peroleh penjelasan dari crew KRI Spica-934
Batu Ampar/Kepri (IndonesiaMandiri) / Salah satu kapal inti Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), yang sedang melaksanakan Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) di Perairan Berakit, Pulau Bintan, KRI Spica-934 gelar Open Ship di Pelabuhan Batu Ampar,?Batam, Kepulauan Riau.


Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, selain Open Ship, juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya hidrografi dan peta laut bagi pelajar SMK Maritim di Batam. Kegiatan tersebut bertujuan memberi kesempatan kepada pelajar serta masyarakat Kota Batam agar mengenal lebih dekat KRI Spica-934 sebagai salah satu Kapal modern dan canggih yang memperkuat TNI AL dari unsur Bantu Hidro-oseanografi (BHO) dan memberikan pemahaman akan pentingnya Hidrografi dan Oseanografi serta pengetahuan mendasar tentang peta laut Indonesia untuk keselamatan bernavigasi guna mendukung kebijakan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.



Komandan KRI Spica-934, Letkol Laut (P) Hengky Iriawan, mengatakan Open Ship dilaksanakan guna sosialisasi peran Pushidrosal sebagai Kotama TNI AL dan Lembaga Hidrografi Nasional mewakili Indonesia di International Hydrographic Organization (IHO) serta memberikan pengetahuan mendasar akan pentingnya Hidrografi bagi pembangunan kelautan Indonesia, yang dapat digunakan bagi kepentingan baik sipil maupun militer serta memberikan informasi bahwa TNI AL memiliki kapal Survei yang canggih se-Asia Tenggara .



"Kapal dibuka untuk kunjungan masyarakat agar lebih mengenal armada yang dimiliki TNI AL, khususnya kapal dengan jenis MPRV (Multi Purpose Research Vessel) KRI Spica-934" ujarnya. Kapal ini memiliki fungsi khusus untuk survei hidrografi dimana  dibuat pada 2015 di Perancis dan memulai menjalankan serangkaian operasi pemutakhiran Peta Laut Indonesia sejak 2016 (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri