Home » » Wakatobi Wave 2019 Tampilkan Karnaval Budaya dan Tari Kolosal

Wakatobi Wave 2019 Tampilkan Karnaval Budaya dan Tari Kolosal

Posted by INDONESIA MANDIRI on Kamis, 14 November 2019

Wakatobi miliki pesona budaya lokal
Wakatobi juga miliki pesona budaya lokal yang menarik disamping keindahan alamnya
Wakatobi/Sulawesi Tenggara (IndonesiaMandiri) - Wakatobi sebagai kawasan wisata yang masuk dalam destinasi prioritas, kini tak hanya dilihat dari keindahan lautnya. Tapi juga ada kekuatan budaya dari masyarakat setempat. Hal inilah yang ditampilkan dalam even Wakatobi Wave 2019. Acara puncak Wakatobi Wave yang masuk agenda Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berlangsung di Marina Togo Mowondu, Wangi Wangi, Kabupaten Wakatobi (11/11).

Ada Tari Kolosal dibawakan masyarakat dari sejumlah pulau dari Kabupaten Wakatobi, yakni Pulau Wangi-Wangi dengan Tari Lengko, Pulau Kaledupa membawakan Tari Lariangi, Pulau Tomia menampilkan Tari Eja-eja dan Pulau Binongko dengan Tari Balumpa. Sementara karnaval diikuti dari berbagai kalangan seperti organisasi perangkat daerah lingkup Pemda Wakatobi, BUMN, BUMD, sekolah dari SD sampai perguruan tinggi, kecamatan, kelurahan, hingga desa. Peserta karnaval mengenakan ragam kostum, seperti biota laut, kapal, dan pakaian adat Buton.

Wakatobi
Seluruh masyarakat sekitar Kabupaten Wakatobi turut meriahkan acara wisata tahunan ini
Acara kian meriah dengan prosesi Kansoda’a, diikuti 35 wanita asli Wakatobi. Kansoda’a merupakan prosesi penting dalam hidup para perempuan Wakatobi saat beranjak dewasa. Mereka diarak beramai ramai memakai tandu. Menariknya, tandu berkali-kali dilempar ke atas. Suasana itulah yang membuat kemeriahan. Lalu ada Prosesi Kabuenga di Lapangan Merdeka, yaitu tradisi mencari jodoh yang biasa dilakukan masyarakat Wakatobi sejak lama.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf, Rizki Handayani berharap kemeriahan di Wakatobi Wave Festival ditambah keindahan alam dan budayanya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan serta memiliki dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat (ma/pn).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri