Home » » Politeknik Pariwisata Medan Pacu Mahasiswa Siap Berwirausaha

Politeknik Pariwisata Medan Pacu Mahasiswa Siap Berwirausaha

Mahasiswa Poltekpar Medan ikuti workhosp wirausaha
Medan (IndonesiaMandiri) - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melalui unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja baru-baru ini gelar workshop bertajuk "Build Your Dream Start Up", agar mahasiswanya diharapkan tak hanya menjadi sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai, tapi juga menjadi penyedia lapangan kerja dengan membangun bisnis startup bidang pariwisata. Hal ini pula yang selalu ditekankan Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip.

"Mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan, ini merupakan salah satu tantangan yang harus dijawab oleh Politeknik Pariwisata Medan. Tidak hanya menyiapkan SDM siap pakai, tapi Poltekpar Medan juga harus menyiapkan SDM yang bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain," ujar Anwari Masatip. Workshop diikuti 70 mahasiswa Prodi Manajemen Usaha Perjalanan dan menghadirkan Founder Schlr, Ikhsan Jauhari sebagai pembicara.

Poltekpar Medan gandeng Universiti Teknologi Mara Malaysia perkuat SDM
Ia menyampaikan materi pembekalan ilmu Enterpreneurship perlu untuk mahasiswa untuk membangun mimpi dalam membuka usaha/bisnisnya sendiri melalui startup bisnis. Materi tentang startup sengaja dipilih karena tengah berkembang pesat di Indonesia. Bisnis ini menjadikan perkembangan teknologi seperti web dan internet sebagai acuan dasar. Workshop ini akan terus dilaksanakan secara berkala untuk mahasiswa Poltekpar Medan dari setiap prodi berbeda.

Poltekpar Medan juga baru saja menggandeng Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Pematang Pauh, Pulau Penang, Malaysia, guna SDM pariwisata berkualitas. Menurut Anwari, ini merupakan tindak lanjut hasil diskusi pada 28 Agustus 2019 melalui pertemuan resmi antara Poltekpar Medan dan UiTM untuk membahas kerangka dan menyusun rencana implementasi kerja sama.  “Kita menjalin hubungan yang baik dan akan terus kita bina untuk dapat saling membantu dalam pendidikan pariwisata. Ditambah lagi saat ini pendidikan di Malaysia bagus. Kita dapat saling bertukar pikiran dan pendapat untuk mencapai tujuan bersama yaitu mengembangkan sumber daya manusia pariwisata,” papar Anwari.

Anwari juga menjelaskan, beberapa kerja sama yang dapat dilakukan di kemudian hari adalah dengan melaksanakan pertukaran pengajar dan mahasiswa, Summer Camp (Cross Culture), Sharing Session Current Trend in Tourism, dan research workshop. “Dengan pertukaran pengajar dan mahasiswa akan memberikan kontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan pendewasaan pola pikir. Dalam kegiatan ini perwakilan dari Politeknik Pariwisata Medan berjumlah 4 orang dan perwakilan dari Campus UiTM Cawangan Pematang Pauh Pulau Penang, Malaysia, ada 10 orang,” jelasnya (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer