Home » » Pemakaian Produk Dalam Negeri Terus Digalakkan Untuk Kemandirian Bangsa

Pemakaian Produk Dalam Negeri Terus Digalakkan Untuk Kemandirian Bangsa

Menko Kemaritiman Luhut ingatkan agar ditingkatkan pemakaian produk dalam negeri
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pemerintah terus mendorong industri terutama BUMN dan Lembaga Pemerintah Wajib Pakai Produk Dalam Negeri dengan sebanyak mungkin memakai kandungam lokal dalam produksinya. “Peningkatan penggunaan produk dalam negeri adalah amanat UU No 3/2014 tentang perindustrian, jadi saya harap tidak ada lagi yang ngeyel untuk tetap impor,” tegas Menko Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri di Auditorium BPPT (2/9).


Dalam acara sosialisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) itu, Luhut mengingatkan kepada kalangan industri, akademisi dan pejabat kementerian/lembaga terkait untuk memperkuat koordinasi demi memajukan industri Indonesia. “Dengan digunakannya produk lokal, maka tingkat kemandirian bangsa kita akan semakin tinggi,” tegasnya.



Tak hanya kalangan industri, ia juga menyampaikan penggunaan produk dalam negeri bersifat wajib bagi Kementerian/Lembaga menggunakan sumber pembiayaan dari APBN/APBD/Pinjaman/Hibah serta BUMN/BUMD/Badan Usaha Swasta dengan sumber pembiayaan APBN/APBD/KPBU atau mengusahakan sumber daya yang dikuasai Negara.



“Kita ini sudah punya BPPT atau lembaga-lembaga riset lainnya. Kalau masih ada kurangnya sedikit ya nanti terus menerus kita perbaiki,” pintanya. Lebih jauh, Luhut menambahkan salah satu ihtiar pemerintah meningkatkan nilai tambah kandungan lokal adalah dengan melarang ekspor mineral mentah (bp).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer