Storynomics Tourism Jadi Strategi Baru Kembangkan Destinasi Super Prioritas

Penguatan SDM untuk mengisi program Storynomics sektor wisata jadi prioritas Jakarta ( IndonesiaMandiri ) - Pemerintah akan tawarkan k...

Penguatan SDM untuk mengisi program Storynomics sektor wisata jadi prioritas
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pemerintah akan tawarkan konsep Storynomics Tourism sebagai strategi pengembangan pariwisata Indonesia andalan, khususnya di lima kawasan wisata destinasi super prioritas, di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo menginginkan wisatawan yang berkunjung ke destinasi nantinya dapat terkesan kemudian menyampaikan kesan baik ini kepada banyak orang atau disebut sebagai Storynomics Tourism.

“Formula ini merupakan sebuah pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, dan _living culture_ serta menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi,” ucap Luhut. Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Irfan Wahid telah ditunjuk sebagai koordinator yang akan memimpin program quick win pengembangan potensi destinasi wisata ini.

Program ini melibatkan kolaborasi lintas kementerian/lembaga terkait, pemda sekitar kawasan destinasi super prioritas, serta peran komunitas lokal dalam hal ini BUMDes dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) untuk mengelola destinasi wisata.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, strategi storynomics tourism berlandaskan pada kekayaan budaya Indonesia. Sehingga nantinya promosi kawasan wisata dilakukan dengan narasi story telling serta dikemas dalam konten menarik terkait dengan budaya setempat.


Danau Toba bisa jadi contoh menarik terapkan Storynomics

“Awareness berkaitan dengan marketing, sedangkan experience berkaitan dengan faktor aksesibilitas, amenitas, dan atraksi (3A) yang melekat ke setiap destinasi-destinasi wisata. Kedua hal tersebut harus menjadi satu kesatuan yang padu,” jelasnya. Sementara Menurut rfan Wahid, program ini juga membuka peluang Public Private Partnership/PPP dalam membangun pusat-pusat hiburan seperti theme park yang akan menyerap banyak wisatawan. Dengan peluang PPP, narasi dan pengembangan pariwisata bakal diakselerasi sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar, seperti terjadi di kawasan Danau Toba.

"Setelah mencoba melakukan pemetaan masalah dan potensi destinasi wisata, kami menemukan fakta bahwa Toba sangat kaya akan destinasi-destinasi keren. Mulai dari kekayaan budaya, sejarah, sampai alamnya sungguh membuat tempat ini cocok menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas," paparnya (pn/ma).
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Storynomics Tourism Jadi Strategi Baru Kembangkan Destinasi Super Prioritas
Storynomics Tourism Jadi Strategi Baru Kembangkan Destinasi Super Prioritas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjNpXfQnnmWF1JEoDUsdqK17mJOkewayxAuHnI98zNnkd40Z8fTXhfdqcpKtfSHX-3To_atnLrCPn_rcwtMLL9iwlhqvkw0NmMrTkbJd0ZL1l5DYI2v8rOhRLZ_Il9Ojuil6dv87vhxhw/s400/PHOTO-2019-08-10-20-20-53.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjNpXfQnnmWF1JEoDUsdqK17mJOkewayxAuHnI98zNnkd40Z8fTXhfdqcpKtfSHX-3To_atnLrCPn_rcwtMLL9iwlhqvkw0NmMrTkbJd0ZL1l5DYI2v8rOhRLZ_Il9Ojuil6dv87vhxhw/s72-c/PHOTO-2019-08-10-20-20-53.jpg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2019/08/storynomics-tourism-jadi-strategi-baru.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2019/08/storynomics-tourism-jadi-strategi-baru.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy