Home » » Pusterad Antisipasi Ancaman Siber Ajak Dialog Komponen Bangsa

Pusterad Antisipasi Ancaman Siber Ajak Dialog Komponen Bangsa

Berbagai mahasiswa dari 34 provinsi ikuti dialog atau komunikasi sosial di Pusterad
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Sekitar 200an peserta dari berbagai komponen bangsa dari seantero Indonesia, mengikuti acara Komunikasi Sosial/Komsos yang diselenggarakan Pusat Teritorial TNI AD (Pusterad), di Aula Gajah Mada, Mapusterad, Jakarta (27/8). Acara yang bertema “Komunikasi Sosial Dengan Komponen Bangsa Kita Optimalkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Menjaga Kedaulatan NKRI,” soroti pesatnya perkembangan dunia internet yang mempengaruhi gerak dan perilaku masyarakat yang berinteraksi.
Komsos yang dilaksanakan masih dalam konteks peringati Hut Kemerdekaan RI ke-74 tahun, hadirkan sejumlah pembicara penting, seperti Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia Prof Bambang Wibawarta, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Prof Dadan Umar Daihani dari Lemhannas , Prof Tri Nuke Pudjiastuti dari LIPI serta Letjen (Purn) Kiki Syahnarki, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI AD. Semua pembicara tampaknya menyoroti ancaman dan tantangan terbesar bagi Indonesia terkait “kejahatan siber” (cyber crime) dari berbagai sudut.
Ini menjadi tantangan besar pula bagi TNI, khususnya Pusterad, sebagai salah satu elemen penting yang banyak melakukan pendekatan teritorial kepada seluruh komponen bangsa. Artinya, dalam fenomena dunia yang terus bergerak cepat, aparat keamanan seperti TNI, pun harus ekstra peka mengamati ancaman siber yang masuk ke Tanah Air, seperti bahaya narkoba, aliran berhaluan agama dan ektrem, yang bisa merongrong semangat bela negara dan nasionalisme.
Komandan Pusterad, Mayjen TNI Arief Rahman, juga mengingat berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang ada, hendaknya disikapi dengan bijak. Itu sebabnya, Pusterad yang setiap tahun memggelar Komsos dengan melibatkan berbagai komponen bangsa, di 2019 ini, memanfaatkan tema Hut RI ke-74 “Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju” untuk kedepankan menghadirkan generasi unggul, berjiwa nasionalis, militan dan miliki jiwa Pancasila (ma).
Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer