Home » » Pushidrosal-NHO Perkokoh Kerjasama Survey dan Pemetaan Hidrografi

Pushidrosal-NHO Perkokoh Kerjasama Survey dan Pemetaan Hidrografi

Posted by INDONESIA MANDIRI on Selasa, 06 Agustus 2019

Kerjasama hidro-oseanografi RI-India terus ditingkatkan
India (IndonesiaMandiri) - Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal), Laksda TNI Harjo Susmoro kunjungan kerja ke Indian National Hydrographic Office (NHO) di Dehradun, India pada 1-2 Agustus 2019.

Kedatangannya sebagai kunjungan balasan Indian Chief Hydrographer ke Pushidrosal pada maret 2018 dalam mekanisme Navy To Navy Talks (NTNT) antara TNI AL dan Indian Navy.

Tujuan kunjungan kerja ini untuk sharing informasi pentingnya hidrografi dalam kegiatan perekonomian dan mendorong masing-masing kantor hidrografi dalam meningkatkan pengelolaan data hidrografi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kemampuan personel pushidrosal dalam mengelola dan menyajikan data hidrografi kedalam peta laut dan ENC sesuai aturan standar International Hydrographic Office (IHO),” jelas Laksda Harjo.

Kapushidrosal yand didampingi Kepala Dinas Nautika (Kadisnautika) Kolonel Laut (P) Dyan Primana Sobarudin ini, diterima oleh Vice Admiral Vinay Bandhwar dan beberapa pejabat utama NHO. Laksda Harjo menyampaikan perairan Indonesia dan India merupakan lalu lintas pelayaran padat sebagai salah satu jalur utama Sea Line Of Communication (SLOC) sehingga hubungan baik antara kedua kantor Hidrografi yang sudah perlu ditingkatkan melalui kerja sama bidang peningkatan SDM guna produksi peta laut dan Electronic Navigational Chart (ENC) untuk jamin keselamatan navigasi pelayaran.

Vice Admiral Vinay Bandhwar beri penjelasan bagaimana NHO mengolah data hidrografi yang diperoleh secara sistematis sehingga menghasilkan produk peta laut dan ENC yang selalu terjaga kemutakhirannya menggunakan sistem serupa dilakukan Pushidrosal yaitu memakai Hydrographic Production Database (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri