Pangdam XVI/Pattimura Terima Gelar Pekkeng To Rirennuang Ri Luwu

Pangdam Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq (kanan) terima gelar dari Luwu
Palopo/Sulsel (IndonesiaMandiri) - Kedatuan Luwu, Sulawesi Selatan/Sulsel, beri gelar adat kepada Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, di Istana Kedatuan Luwu, Jl Andi Djemma, Kecamatan Wara, Kota Palopo (12/8).

Pangdam XVI/Pattimura dan Istri Nida Marga Taufiq saat tiba di kompleks Istana Kedatuan Luwu disambut menggunakan lellong, tarian istana dan Paduppa serta diterima langsung La Maradang Mackulau (Datuk Luwu) A. Syarifuddin Kaddiraja.(Maddika Bua), A.Nur Palillu (Opu Patunru), A.Abdulla Sana.(Opu Djemma Tongeng), A.Masita Kampasu (Makole Baebunta).

Gelar untuk Pangdam XVI/Pattimura adalah Pekkeng To Rirennuang Ri Luwu berarti Prajurit Harapan Orang Luwu yang diberikan Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau disaksikan 12 Dewan adat Kedatuan Luwu. Walikota Palopo, Drs HM Judas Amir MH mengatakan, prosesi pemberian gelar adat ini, mengucapkan selamat kepada Pangdam XVI/Pattimura atas gelar yang diterima yang juga merupakan putera asli Tana Luwu. “Ini sebuah pertanda bahwa masyarakat Tana Luwu, selalu mengedepankan kebersamaan dan kesatuan”, katanya.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang telah di berikan kepadanya. “Gelar ini sebagai wujud tanggung jawab bagi putra Tana Luwu. Saya menerima tanggung jawab ini, selanjutnya saya akan siap memberikan inspirasi-inspirasi bagi pemuda-pemuda di Tana Luwu, saya ingin sampaikan bahwa saya sudah berhasil memecahkan mitos bahwa orang Luwu tidak bisa menjadi Pangdam," janjinya (ma).
Share:

Arsip