Home » » Bekraf Dukung Penulis Skenario Cerita Anak

Bekraf Dukung Penulis Skenario Cerita Anak

Posted by INDONESIA MANDIRI on Jumat, 02 Agustus 2019

Program Scara dari Bekraf lahirkan penulis skenario cerita anak berkualitas
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Semarakkan Hari Anak Nasional, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkolaborasi dengan Wahana Kreator kembali menyelenggarakan program pencarian dan pelatihan penulisan skenario cerita anak melalui program SCARA (Skenario Cerita Anak Nusantara). Ini merupakan tahun kedua Bekraf dan Wahana Kreator mendorong pertumbuhan ekosistem penulis sehingga mampu menghasilkan penulis skenario yang berkualitas, khususnya cerita anak.


“Program SCARA merupakan upaya yang berkesinambungan dalam menemukan bibit kreator muda yang dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional melalui industri kreatif. Tahun lalu, SCARA berhasil melahirkan 20 penulis cerita anak yang disaring dari 400 pendaftar sehingga kami merasa perlu melanjutkan program ini,” jelas Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky J. Pesik saat Sosialisasi SCARA 2019 di GoWork Plaza Indonesia (31/7). 

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan Bekraf dalam memajukan industri kreatif, khususnya penulisan skenario cerita anak sehingga anak-anak Indonesia bisa mendapatkan alternatif tontonan berkualitas dan mengedukasi. Oleh karena itu, di tahun ini, pendaftar wajib melampirkan contoh sinopsis dan skenario cerita anak orisinil yang ditulis sendiri. Direktur Utama Wahana Kreator Nusantara, Salman Aristo menekankan pentingnya memenuhi kebutuhan penulis skenario anak, yang mampu menghasilkan karya berkualitas dan siap diserap industri perfilman Tanah Air. “Wahana Kreator berkomitmen menyumbangkan hasil yang signifikan bagi industri cerita anak di Indonesia, melalui kurikulum yang dirancang bersinergi dengan institusi di bidang kreatif dengan mempertimbangkan dampak yang nyata untuk industri konten anak,” kata Salman.

Workshop SCARA 2019 berlangsung selama dua bulan. Peserta akan didampingi mentor yang sudah sangat berpengalaman dalam industri kreatif seperti Salman Aristo, Gina S. Noer, Arief Ash Shiddiq, dan penggiat pendidikan Najelaa Shihab. Tahapan inkubasi diantaranya pembekalan materi, pembagian kelompok, pengembangan cerita dan penulisan skenario, hingga skenario memasuki draft satu. Dalam kurun waktu tersebut, peserta wajib hadir dalam pertemuan langsung dan mengerjakan tugas yang diberikan selama proses inkubasi. Pada SCARA 2018 mendorong Penulis Skenario Dua Garis Biru, Gina S. Noer, yang juga salah satu mentor SCARA, membuat Semesta Anak, yakni ekosistem yang bertujuan menyiapkan anak Indonesia menjadi pribadi mandiri dan berdaya, melalui media cerita, buku dan beragam aktivitas untuk anak (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri