Home » » Helikopter Militer Rusia Tampil Lebih “Seram”

Helikopter Militer Rusia Tampil Lebih “Seram”

Angkatan Bersenjata Rusia akan hadirkan jenis helikopter serbu mutakhir
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Angkatan Bersenjata/AB Rusia memiliki program untuk hadirkan secara besar-besaran armada helikopter tempurnya. Sebagai bagian dari rencana tersebut, tahun ini Angkatan Udara Rusia akan membeli lebih dari 100 unit helicopter Ka-52. Tipe Ka-52s, dengan Mi-28Ns, diproyeksikan sebagai kekuatan tempur utama Angkatan Udara Rusia sampai beberapa tahun kedepan.

Ka-52 dapat berfungsi sebagai helikopter serbu maupun pengintai tempur, hasil pengembangan dari keunggulan tipe Ka-50 Black Shark yang banyak digunakan saat konflik di Afganistan. Ka-52 baru, mampu menghancurkan kendaraan militer lapis baja, target udara, unit pertahanan darat, maupun untuk mendukung misi tempur di luar daratan Rusia.  Rencana pembelian Ka-52 akan meningkatkan kekuatan AU Rusia. Dan, sebagai tingkat kesiagaan kekuatan helikopter tempur hingga 400 unit, dimana 250 unit diantaranya adalah jenis Ka-52. 

Sementara untuk jenis ain adalah Mi-28N (belum diketahui berapa unit yang akan dibeli), dapat dioperasikan di berbagai kondisi cuaca, berawak dua personil, sebagai helikopter serbu anti-lapis baja dengan senjata di moncongnya, plus payload tambahan dalam pylon yang dipasang di sirip sayapnya. Mi-28 merupakan versi baru dari Mi-24. Mi-28N telah diuji dalam operasi di Syria, termasuk untuk operasi malam hari dan medan berdebu.  Sebagai tambahan dari kedua jenis itu, AB Rusia juga akan menambah armada Mi-17 dan angkut super berat Mi-26.

Untuk Angkatan Lautnya, Rusia juga akan tambah kekuatan helikopter Ka-27, versi lebih modern dari awalnya yang dirancang era 1960an. Penerbangan Angkatan Laut Rusia tengah rancang helikopter tempur lebih berat dari kelas Ka-27, dan dapat mendarat pada kapal perang jenis Destroyer dan Korvet (mah/ab). 

Foto: Istimewa





Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer