Home » » Great Harvest Festival, Menguak Sejarah Pagelaran Budaya Batak

Great Harvest Festival, Menguak Sejarah Pagelaran Budaya Batak

Posted by INDONESIA MANDIRI on Minggu, 21 Juli 2019

Wisatawan mancanegara nikmati Great Harvest Festival di Djonggo Dolok
Djangga Dolok/Sumut (IndonesiaMandiri) - Kekayaan budaya dari suku Batak memang beragam dan telah berlangsung sangat lama. Inilah yang ditampilkan secara khusus dalam Great Harvest Festibal, yang membangkitkan kembali tradisi nenek moyang, misalnya, dalam menuai padi atau disebut mardege. Acara Festival Panen Raya ini dirangkai dengan kegiatan lain seperti Pasar Rakyat, Marmuccak, Manortor, Martandang Najolo dan Martumba. Juga ada Pameran UMKM dan Kuliner Batak.

Acara ini diadakan sebagai salah satu bentuk pengelolaan Dana Desa, yang dimanfaatkan lebih luas dan menyenangkan, untuk berdayakan masyarakat setempat. Acara dikemas dengan menarik untuk mengundang wisatawan mancanegara/wisman dan nusantara/wisnus menikmatinya di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumut selama tiga hari (19-21/7).

Desa Jonggo Dolok miliki kearifan lokal yang sangat baik

Terbukti, Great Harvest Festival dihadiri banyak wisman yang turut menyatu dengan masyarakat Desa Jangga Dolok, yang letaknya dekat dengan Danau Toba, dimana daerah ini telah ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Prioritas nasional dan dikelola secara khusus oleh Badan Otorita Pariwisata Danau Toba/BOPDT. “Great Harvest Festival 2019 adalah ajang brading pariwisata Djangga Dolok. Adanya even ini menjadikan destinasi Djangga Dolok semakin dikenal luas. Potensi arus wisatawan bertambah besar,” ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar Lokot Ahmad Enda menerangkan, “Djangga Dolok akan cepat tumbuh menjadi destinasi wisata. Gebrakan yang mereka lakukan luar biasa dengan menggelar festival besar. Selain kreativitas, masyarakatnya juga memiliki inisiatif tinggi. Dengan daya tariknya, festival tersebut akan mampu menarik wisatawan dalam jumlah besar” (fm/am).

Foto: Dok. BOPDT

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri