Truk Volvo VDS Bakal Manjakan Sopir Di Ruang Kemudi

Truk Volvo VDS saat diperkenalkan ke pihak media
Sentul/Bogor (IndonesiaMandiri) - Bicara soal keselamatan berkendara mobil sejak dulu, Pabrik Volvo adalah salah satu produsen yang teraman di seantero dunia. Pabrik kendaraan asal Swedia sejak 1927 (jenis Truk sejak 1928), kini menghadirkan lagi model untuk membantu supir mengemudikan truk dengan aman dan nyaman. Nama teknologinya sistem kemudi Volvo Dynamic Steering/VDS. Dengan hadirnya VDS, supir akan merasakan sensasi nyaman membawa truk meski bermuatan penuh dijalan rata maupun bergelombang. 

Sangat beruntung bagi para wartawan yang diundang dalam peluncuran VDS karena sekaligus dibolehkan menjajal produk Volvo Trucks Indonesia di Desa Pelangi Sentul, Bogor, Jawa Barat (20/6). "Hanya wartawan yang bisa menunjukkan miliki SIM A saja ya yang bisa menjajal mengemudi Truk," sapa salah seorang panitia dari PT Indomobil Group. Begitu ketat dan disiplinnya pihak Volvo Trucks Indonesia dalam uji berkendara ini (teat drive), layak diacungi jempol.

Alhasil, semua menyatakan puas berkendara dengan Truk Volvo di lahan yang telah dikemas semi offroad ini. Bahkan ada pohon kecil yang agak menghalangi trek untuk dilintasi truk dan mestinya ditebang, itu pun dilarang. "Bulenya sangat hati-hati dan memperhatikan lingkungan," ucap salah satu panitia. Ini memang sesuai dengan motto Volvo yang mengedepankan quality, safety dan enviromental care.

"Truk kami juga menggunakan bahan bakar berstandar Euro 3 yang  sangat ramah lingkungan," ucap Jurn Terpstra, MD, Managing Director Volvo Trucks Indonesia. Jurn juga memberi penjelasan soal kenyamanan dan keselamatan dalam berkendaraan dengan Truk VDS ini. Apalagi jika dioperasikan di jalan tol Jakarta-Surabaya, kenyamanan truk ini sangat diandalkan. Kini, Truk Volvo banyak dioperasikan di dalam hutan  seperti di Kalimantan, Sulawesi, Papua. "90 persen truk kami dipakai untuk pertambangan," jelas Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras, sebagai distributor tunggal Volvo di indonesia (ma).

Foto: abri
Share:

Arsip