Trisakti Soekarno Masih Relevan Bangkitkan Sektor Pariwisata

Destinasi Indonesia Expo usung Konsep Trisakti Soekarno
Jakarta (IndonesiaMandiri) - “Berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,” adalah sebuah pesan kuat Presiden Soekarno yang dikenal dengan Trisakti. Pesan ini tetap relevan dalam konteks kekinian. Pesan ini pula yang dipakai acara “Destinasi Indonesia Expo”, sebuah gelaran bernuansa pariwisata dan pembangunan, selama tiga hari (27-29/6) di Jakarta Convention Centre.

Yanti Sukamdani, penggagas acara ini dari Yayasan Kusuma Pertiwi bekerjasama dengan Majalah Destinasi dan mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif/Bekraf, mengemas expo dengan kombinasi tampilan produk ekonomi kreatif dari sejumlah daerah, dan juga tetap bernuansa kekinian dengan menghadirkan program digital.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri yang menjadi pembicara utama sekaligus membuka pameran, menyebut kekayaan alam dan budaya Indonesia harus terus dikembangkan. Sehingga relevan sekali pesan Trisaksi Soekarno dikedepankan terus agar aset pariwisata nasional terpelihara dengan baik.

Pameran dan konferensi ini juga akan memilih sejumlah destinasi pariwisata daerah yang memiliki keunggulan tertentu dalam ajang Trisakti Tourism Award, yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri (ma).

Foto: abri
Share:

Arsip