Home » » Rumah Batak: Magnet Wisatawan Yang Perlu Dilestarikan

Rumah Batak: Magnet Wisatawan Yang Perlu Dilestarikan

Rumah Batak, kain ulos, dikagumj  wisatawan saat ke Danau Toba
Samosir/Sumut (IndonesiaMandiri) - Keberadaan rumah batak yang berada sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, menjadi daya tarik atau magnet tersendiri bagi wisatawan mancanegara/wisman maupun nusantara/wisnus. Hal ini pula yang ditekankan dalam Workshop Homestay dan Desa Wisata di kawasan Danau Toba, di Huta Balian, Desa Sianjur, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir. Sebanyak 50 pemilik homestay dari dua desa wisata mengikuti workshop dari Kementerian Pariwisata (14/6).

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar Lokot Ahmad Enda mengatakan, rumah Batak (Jabusopo) harus dilestarikan. Pasalnya, rumah tradisional milik warga yang dijadikan homestay ini jadi kekuatan Desa Wisata di Samosir. “Dengan keunikan dan keaslian rumah Batak ini, membuat wisatawan lebih berhasrat ingin menginap di homestay Desa Wisata ini. Sebab mereka ingin merasakan sensasinya," ujar Lokot.

Konsekuensinya, Lokot mengingatkan para pengelola homestay agar menata kebersihan, khususnya toilet. Menurutnya, bila toilet bersih, tamu akan lebih betah tinggal di homestay. “Karena kesan yang dibawa tamu adalah kenyamanan, itu yang menentukan adalah kebersihan. Mereka akan lebih betah bila toiletnya bersih selain kamarnya," pesan Lokot.

Daya tarik lainnya, seperti disebut Kasubid Destinasi Area I B Kemenpar Andhy Marpaung tentang kelebihan Desa Wisata Sianjurmulamula, adalah kisah sejarahnya. “Sianjurmulamula dalam sejarahnya adalah tempat pertama kali orang Batak ada di muka bumi. Dimana Raja Batak pertama muncul di Gunung Pusuk Buhit dan tinggal mendirikan pemukiman di Sianjurmulamula," jelas Andhy. Juga wisatawan bisa nikmati kearifan lokal Batak di Sanggar Belajar, Tenun ulos, Air Rangat Pangururan, Air Terjun Naisogop, Dekat ke Pusuk Buhit, Pesta Panen, Festival Gondang Naposo dan atraksi seni budaya lainnya (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer