Home » » Peringati Hari Lahir Pancasila: “Pancasila Harus Tertanam Dalam Hati”

Peringati Hari Lahir Pancasila: “Pancasila Harus Tertanam Dalam Hati”

Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Jajaran Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) turut peringati hari kelahiran Pancasila dengan melaksanakan upacara di Plaza Manggala Wanabakti, Jakarta (1/6). Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, mewakili Menteri, memimpin upacara, dan menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

"Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalan hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," tutur Bambang membacakan sambutan Kepala BPIP.

Selain itu, Bambang juga menyampaikan dua pesan penting Presiden Joko Widodo dalam upacara ini, yaitu pertama, peringatan hari Kelahiran Pancasila sebagai upaya untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Bambang berpesan agar semua pihak dapat terus menerus secara konsisten realisasikan Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan dunia, yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. “Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran, dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila," tegas Bambang (dh).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer