Home » » Negara-negara Produsen Narkoba Terbesar di Dunia

Negara-negara Produsen Narkoba Terbesar di Dunia

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Narkoba merupakan salah satu barang ilegal, namun demikian ada negara yang justru memproduksi barang haram tersebut, sebagai barang dagangan, adapun negara-negara tersebut, antara lain :

1. Jamaika - Ganja
Jamaika disebut sebagai Produsen dan Pusat Perdagangan ganja terbesar di dunia, yang juga merupakan titik perdagangan kokain dari Amerika Selatan hingga Amerika Utara dan Eropa. 

2. Afghanistan - Opium
Afghanistan adalah produsen opium terbesar di Dunia, atau antara 5.000 hingga 6.000 ton opium mentah diproduksi per tahunnya. Melalui proses pemurnian, opium akan berubah menjadi heroin. Setelah diadakan penarikan tentara NATO, ladang Poppy di Afghanistan bertambah 40 persen, atau menjadi + 210.000 hektare. Sementara pasar terbesar opium dari Afghanistan adalah Amerika Serikat dan Asia.

3. Myanmar - Opium
Myanmar tercatat sebagai produsen opium terbesar kedua di Dunia, yang diperkirakan masih akan mengalami peningkatan dalam memproduksi narkotika dan obat-obatan terlarang. Hingga kini Myanmar memiliki 55.500 hektare ladang opium.

4. Kolumbia - Kokain
Kolombia sebagai negara penghasil kokain terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari data UNODC
yang mencatat bahwa jumlah lahan yang digunakan untuk menanam koka sekitar 69 ribu hektare. Juga terlihat adanya peningkatan produksi kokain pada 2014 hingga 2015. Selain daripada itu, ada fakta yang menarik, yakni letak lahan yang digunakan dalam produksi kokain, 70 persen berada di bawah kewenangan kelompok sayap kiri bernama Revolutionary Armed Forces of Colombia.

5. Bolivia - Kokain
Setelah Kolumbia, ke depan daftar negara penghasil narkoba terburuk di dunia adalah Bolivia yang merupakan pembudidaya kokas daun terbesar Ketiga di Dunia yang sangat mudah diekspor ke Brasil, Argentina, Chile, Paraguay dan Eropa karena kontrol pabean yang buruk.

6. Peru - Kokain
Peru adalah produsen daun koka terbesar di tahun 1996 namun masih termasuk dalam 5 negara penghasil obat terlaris. Dengan memiliki ladang koka sekitar 53.000 hektare, penyaluran kokain dari Peru didistribusikan menuju Brasil, Chile, Argentina, dan Bolivia.

Itulah sebagian negara-negara Produsen Narkoba Terbesar Dunia, sementara ada negara-negara yang berperan sebagai Distributor Narkoba. (EW)

Sumber :  insidermonkey.com
Foto :  Istimewa

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer