Home » » Diplomasi Pushidrosal di Forum Hidrografi Pasifik Barat Daya

Diplomasi Pushidrosal di Forum Hidrografi Pasifik Barat Daya

Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro saat ceramah di Hari Hidrografi Dunia
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Beberapa tahun terakhir ini, kinerja Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL/Pushidrosal di kancah internasional kian tajam. Perlahan tapi pasti, penguatan kerjasama bidang hidrografi dengan Kantor Hidrografi Dunia (IHO) dan regional, terus dibangun. Di lingkup regional samping dengan Asia Timur melalui EAHC (East Asia Hydrographic  Commission) dan negara di Samudera Hindia dengan NIOHC (North Indian Ocean Hydrographic Commission), juga ke kawasan Pasifik Barat Daya dalam SWPHC (South West Pacific Hydrographic Commission).
Uniknya keterlibatn Pushidrosal di SWPHC, sekaligus menjadi diplomasi internasionalnya guna turut meredam konflik sosial yang sering berkecamuk di Papua. “Kita ikut meredam kepada negara-negara di Pasifik Barat Daya soal Papua. Karena ini kan sama dari kawasan Melanisa,” ucap Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro, saat memberi ceramah dalam Saresehan Hari Hidrografi Dunia, di Kantor Pushidrosal, Jakarta (16/6).
“Negara seperti Fiji dan Vanuatu, misalnya, meskipun kecil di Pasifik Barat Daya, tapi suaranya sama di Forum Internasional seperti PBB dengan Indonesia yang besar. Kita perlu beri penjelasan kepada mereka tentang kondisi yang terjadi di Papua,” jelas Harjo. Melalui pendekatan diplomasi maritim, Pushidrosal melakukan lobi kepada negara-negara pulau yang relatif kecil di Pasifik Barat Daya. Walhasil, beberapa negara tersebut memahami bahwa yang terjadi di Papua bukanlah seperti yang sering dikampanyekan gerakan Organisasi Papua Merdeka/OPM.
Peran Pushdirosal perlahan tapi pasti di kancah dunia, memang kian diakui. Lalu lalangnya kapal-kapal internasional yang melintas perairan Indonesia, selalu mesti melihat peta yang dikeluarkan oleh Pushidrosal, sebagai satu-satunya lembaga hidrografi di Indonesia yang diakui dunia. Inilah yang menjadi tekad Pushidrosal kedepan menjadi lembaga hidrografi terbaik dan pusat informasi geospasial kelautan terbaik di dunia (ma).
Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer