Home » » Desa Wisata Silalahi Tawarkan Pesona Berbeda Bagi Wisatawan ke Danau Toba

Desa Wisata Silalahi Tawarkan Pesona Berbeda Bagi Wisatawan ke Danau Toba

Kementerian Pariwisata beri penyuluhan&bantuan ke Desa Wisata Silalahi
Dairi/Sumatera Utara (IndonesiaMandiri) - Desa Wisata Silalahi di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara/Sumut dibekali pengetahuan terkait mengelola kebersihan dan pengetahuan menuturkan kisah menarik atau storytelling bagi wisatawan yang berkunjung.  Pembekalan itu dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam Workshop Homestay dan Desa Wisata di Balai Desa Silalahi II (13/6).

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar Lokot Ahmad Enda mengatakan, Desa Wisata Silalahi memiliki keunggulan berdekatan langsung dengan Danau Toba. Namun, masyarakat pengelola homestay belum memahami bagaimana memperlakukan wisatawan. "Wisatawan yang menginap di hotel itu berbeda dengan yang menginap di homestay. Bila di hotel wisatawan ingin privasi dan dilayani, namun wisatawan menginap di homestay ingin berbaur dengan masyarakat. Sehingga kebersihan menjadi sangat penting," ujar Lokot. Contohnya keberadaan keramba ikan, sebaiknya dipindahkan ke lokasi danau yang tidak didatangi wisatawan. Sampah-sampah di sekitar Danau juga harus selalu dibersihkan.
Pesona alam dan kearifan lokal Desa Silalahi
Menurut Lokot, yang diburu wisatawan saat inap di homestay adalah kearifan lokal dan cerita-cerita (storytelling) yang ada di masyarakat sekitar homestay. Baik itu budaya, kuliner, dan lain-lain. "Di Silalahi ini, bisa dibuatkan storytelling tentang sejarah asal nama Silalahisabungan, mengapa namanya Tao Silalahi, dll. Makanannya bisa ditonjolkan Mangga Silalahi yang khas. Mangga di sini bisa dimakan sama kulitnya. Apalagi konon kulitnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan," papar Lokot.
Dalam workshop ini, Kemenpar juga beri  bantuan untuk homestay di desa wisata Silalahi I dan Silalahi II. Bantuan yang diserahkan berupa 10 paket untuk masing-masing Desa Wisata. Satu paket berisi 1 springbed, 2 bantal, 2 guling, 1 seprei, 1 bed cover, dan 1 buku tamu (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer