Angkutan Penyeberangan di Danau Toba Berjalan Lancar Selama Libur Lebaran

Masyarakat sekitar Danau Toba manfaatkan layanan kapal dengan tertib
Danau Toba (IndonesiaMandiri) - Saat libur lebaran, angkutan penyeberangan dari daerah sekitar Danau Toba seperti Pulau Samosir menuju ke Danau Toba dilaporkan berjalan dengan lancar. Puncak arus balik terjadi pada Sabtu (8/6) atau H+2. 

Demikian disampaikan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Umar Aris selaku ketua tim pemantauan transportasi penyeberangan di Danau Toba. “Secara visual keseluruhan penyeberangan pada Minggu (9/6), relatif menurun, sehingga dipastikan bahwa puncak arus balik di penyeberangan kawasan danau toba sudah terjadi pada Sabtu,” ucapnya.

Seperti di Pelabuhan Simanindo yang pada Minggu (9/6) melayani sebanyak 17 trip penyeberangan ke Danau Toba dari pagi hingga malam pukul 20.05 WIB. Kemudian dari Pelabuhan Ambarita melayani 5 trip dari pagi hingga pukul 20.10 WIB. Sementara dari Pelabuhan Tomok melayani 9 trip dari pagi hingga pukul 20.45 WIB.

Lebih lanjut Umar Aris telah melakukan pengawasan memastikan manifest penumpang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, serta memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung (ma).

Foto: Istimewa
Share:

Arsip