Home » » Wajah Lapas Kini Titik Beratkan Warga Binaan Berkarakter

Wajah Lapas Kini Titik Beratkan Warga Binaan Berkarakter

Dirjen Lapas Sri Puguh Budi Utama (kerudung merah) saat berkunjung ke Lapas
Jakarta/27 Mei (IndonesiaMandiri) - Saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018, Dirjen Lembaga Pemasyarakatan/Lapas Sri Puguh Budi Utami bikin sejumlah gebrakan dengan memperkenalkan “Pasukan Merah Putih Narapida”. Apa maksudnya? Utami, sapaan Dirjen Lapas, ingin menanamkan kepada publik bahwa warga binaan pemasyarakatan/WBP bukan orang terbuang, tapi menyimpan banyak potensi bagi lingkungannya.


Jadi, Utami dan jajarannya mengajak semua penghuni Lapas tanpa terkecuali, untuk memiliki peran sebagai pioner dalam melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Ya, sebutannya “Pasukan Merah Putih Narapidana Bhakti Kepada Negeri.” Setahun sudah program ini berjalan dan mulai membuahkan hasil.


Aneka produksi hasil kreatifitas warga binaan pemasyarakatan
Kira sini, pihak Lapas mengajak WBP melakukan berbagai aktifitas sosial, memperbaiki atau membangun fasilitas umum seperti rumah ibadah, taman terbuka, tempat pendidikan, dan lain-lain. “Kegiatan ini menimbulkan rasa turut tanggungjawab dalam usaha bersama membangun bangsa dan negaranya, ujar Utami yang merupakan Dirjen Lapas perempuan pertama di jajaran Kementerian Hukum dan HAM.


Tak hanya itu. Terobosan lain Utami adalah mengoptimalkan kreatifitas WBP untuk berkarya dengan bekerjasama kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sehingga para WBP yang sudah terseleksi kemampuannya bisa bekerja di bidang konstruksi dan industri terkait lainnya. Belum lagi serangkaian karya suvenir para WBP juga sudah sempat go internasional. Bila kita mengunjungi Kantor Pusat Dirjen Lapas di Jalan Veteran 11 Jakarta Pusat, di lobinyq, tampak beraneka karya WBP dipertontonkan (ma).


Foto: Istimewa/abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer