Home » » Prudential Tangkap Peluang Usaha Wakaf Asuransi

Prudential Tangkap Peluang Usaha Wakaf Asuransi

Prudential lebarkan usaha syariah dengan wakaf asuransi

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Dengan mengusung tema “Selalu Berbagi Selamamya Berarti,” perusahaan asuransi raksasa Prudential, mulai merambah program Wakaf Asuransi sejak awal 2019. Baru-baru ini di saat ramadhan, pihak Prudential Indonesia gelar acara “Bincang Santai Jelang Buka Puasa: Potensi Pemanfaatan Wakaf Asuransi Bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” bersama sahabat media, di Prudential Tower, Jakarta.

Muhammad Yusuf Helmy, salah satu pembicara dari Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah/MES dan Deputy Director KARIM Consulting Indonesia, mengatakan, pengertian wakaf adalah menahan harta yang dapat dimanfaatkan atau di-istitsmar-kan tanpa lenyap bendanya, dengan tidak menjual, menghibahkan atau mewariskannya, serta hasilnya disalurkan pada sesuatu yang mubah kepada penerima manfaat wakaf yang ada.

Nah, Indonesia sebagai negara dengan populasi beragama Islam terbesar di dunia, miliki peluang besar dalam menjalankan Wakaf Asuransi. Meski sejak diperkenalkan pertama ke publik Indonesia pada 2016 hingga kini baru empat perusahaan asuransi yang berminat (termasuk Prudential), tapi peluang berkembangnya memang sangat besar. Awalnya, pihal penyelenggara, mesti sudah jalankan dahulu usaha Syariah.

Sementara pembicara lainnya, Bondan Margono dari AVP Syariah Operations Prudential Indonesia menuturkan, masyarakat Indonesia termasuk yang paling dermawan di dunia (menurut data charities aid funds world giving index 2017). Momentum ini menjadi salah satu tolok ukur untuk kembangkan usaha wakaf asuransi yang intinya gemar menolong sesamanya. Yang diwakafkan bisa berwujud uang atau benda. Prudential juga menggandeng sejumlah lembaga Islam yang bakal salurkan bantuan kepada sesamanya, seperti Dompet Dhuafa, iwakaf, Lembaga Wakaf MUI, dan lain-lain (ma).

Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer