Berita Indonesia Mandiri

Menteri Siti Nurbaya Ajak Para Dubes/ Wakil Tetap ASEAN Kunjungi BMKG

Menteri LHK&Rombongan dari ASEAN mendengar paparan staf BMKG
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya mengajak para Dubes-Wakil Tetap ASEAN berkunjung ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kemayoran, Jakarta (2/5). Rombongan diterima langsung Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Isu asap, kebakaran hutan, kebencanaan, menjadi pembicaraan menarik Menteri Siti, para wakil ASEAN dan Dwikorita beserta jajarannya.

Antara BMKG dan KLHK selama ini telah terjalin kerjasama. Dari hasil observasi BMKG menunjukkan bahwa tingkat hotspot di Indonesia turun tajam dari 50.995 titik api di 2015, menjadi 1.781 di tahun 2017. Rombongan juga diajak ke Ruang Pemantauan Cuaca dan Ruang Pemantauan Gempa, sambil bertanya jawab dengan akrab. Yang menarik juga, para tamu ikut mencoba ruang simulasi gempa.

BMKG memberikan informasi kepada publik tentang prakiraan cuaca, iklim, prediksi dan peringatan dini terkait akan adanya gempa, tsunami, termasuk memonitor kualitas udara, sebaran titik panas (hot spot), titik api (fire spot) dan asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Semua informasi BMKG ini dapat diakses secara real time melalui media sosial (Twitter, IG dan FB). Dan 70 persen staf kami disini adalah generasi mileneal,” ucap Dwikorita. Rombongan dari ASEAN merasa puas dengan berbagai penjelasan yang diberikan pihak BMKG (ma).

Foto: abri
Share:

Arsip