Home » » Bantuan Insentif Pemerintah Gairahkan Usaha Industri Kreatif

Bantuan Insentif Pemerintah Gairahkan Usaha Industri Kreatif

Bekraf ajak masyarakat manfaatkan peluang usaha dari BIP

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Badan Ekonomi Kreatif/Bekraf dalam salah satu program unggulannya, menyalurkan insentif dalam bentuk penambahan modal kerja kepada pelaku usaha ekonomi kreatif. Program yang diberi nama Bantuan Insentif Pemerintah/BIP ini pendaftarannya dibuka oleh Bekraf kepada umum di Hotel Shangri-La, Jakarta (23/5).

“Bekraf memberikan insentif berupq dana kepada pelaku usaha ekonomi kreatif/ekraf yang lolos kurasi. Tiap penerima BIP berkesempatan mendapatkan maksimal Rp. 100 juta untuk meningkatkan kapasitas usaha dan produksi mereka,” ucap Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf. Peserta yang ingin mendapatkan BIP secara online melalui http://bip.bekraf.go.id/ dibuka mulai 23 Mei hingga 12 Juni 2019.

“Proses seleksi sangat transparan, melalui tahapan administrasi, presentask substansi dan wawancara, verifikasi lapangan dan verifikasi rencana anggaran biaya,” ungkap Fadjar. Program BIP ini sudah berjalan sejak 2017 dengan 34 peserta, lalu meningkat 52 peserta di 2018. Mulanya, bidang usaha yang ditawarkan hanya kuliner dan game. Lalu meningkat ada bidang fashion fwn kriya. Kini di 2019, tambah satu lagi di bidang film.

BIP memang ditujukan kepada semua
masyarakat umum yang miliki kendala di bidang permodalan dan rancangan kegiatan. Dan setiap pendaftar, diharuskan sudah berbadan usaha (seperti CV, Yayasan atau PT), mendaftar di BISMA (http://bisma.bekraf.go.id/), portofolio produk usaha serta mengajukan proposal BIP (ma).

Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer