Home » » 120 Tenaga Kerja Kepariwisataan Ikut Uji Kompetensi di Labuan Bajo

120 Tenaga Kerja Kepariwisataan Ikut Uji Kompetensi di Labuan Bajo

Tenaga kerja kepariwisataan di Labuan Bajo terus ditingkatkan
Labuan Bajo/NTT (IndonesiaMandiri) - Sebagai kawasan wisata “super prioritas” yang ditetapkan Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar), penyediaan sumber daya manusia yang handal dalam kepariwisataan menjadi keharusan. Ini yang ditempuh Kemenpar lakukan uji kompetensi bagi 120 tenaga kerja bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pramindo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 28-29 Mei.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya, di mengatakan kegiatan ini bertujuan menyertifikasi tenaga kerja atau SDM bidang Kepemanduan Ekowisata di Labuan Bajo. Lebih lanjut, Wisnu menjelaskan SDM pariwisata Indonesia mulai menggunakan standar global dari sisi kualitas dan kompetensinya, mengacu pada standar regional disebut ASEAN MRA (Mutual Recognition Arrangement) atau kompetensi selevel ASEAN.

Kadisbudpar Manggarai Barat Augustinus Rinus mengatakan, pihaknya sangat yakin dengan potensi alam di wilayahnya mulai dari laut hingga daratan semua ada di Labuan Bajo. “Keindahan dan luas wisata bahari kita tidak kalah dengan destinasi favorit lain, maka dari itu, kita memerlukan SDM yang andal untuk sama-sama memajukan Labuan Bajo,” katanya.

Tekait uji kompetensi, menurut ugustinus, pihaknya sangat mendukung untuk tujuan meningkatkan kualitas SDM pariwisata khususnya di wilayah Kabupaten Manggarai Barat. “Selain meningkatkan kemampuan SDM juga agar mereka memiliki legalitas sehingga dapat bekerja lebih profesional lagi dan jujur,” ungkapnya (aa/fm).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer