Home » » Pertamina Gandeng Pushidrosal Survei Kebocoran Pipa Gas Bawah Laut

Pertamina Gandeng Pushidrosal Survei Kebocoran Pipa Gas Bawah Laut

Pushidrosal survei  kebocoran pipa bawah laut Pertamina
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pertamina Hulu Energi Ocean South East Sumatera (PHE-OSES) yang telah menjadi operator baru menggantikan CNOOC menggandeng Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL/Pushidrosal untuk kerjasama survei verifikasi pipa gas bawah laut di Perairan Banten selama 50 hari. Operasi survei Hidro-Oseanografi ini dari Perairan Banten ke Pulau Pabelokan terkait perbaikan kebocoran pipa gas.


Pasca kebocoran pipa gas bawah laut PHE OSES (sebelumnya CNOOC) yang terjadi 9 Juli 2018 lalu, Pushidrosal telah melaksanakan Survei Investigasi kebocoran dengan mengirim Unit Survei Tanggap Segera guna identifikasi penyebab kebocoran pipa gas tersebut. Data survei selain digunakan untuk identifikasi penyebab kebocoran pipa gas digunakan juga untuk perbaikan pipa.



Menurut Kapushidrosal Laksda Harjo Susmoro, selain untuk memastikan posisi pipa gas bawah laut yang akan digambarkan pada Peta Laut Indonesia, survei juga bertujuan mendukung keselamatan Navigasi dan Keamanan Pelayaran di perairan sekitaran pipa gas PHE OSES.



Kini Pushidrosal telah mengirim satu Tim Survei dipimpin Mayor Laut (P) Tomy Ronaldi bekerja sampai 2 April. Area survei memanjang 34 NM dengan lebar 0,53 NM, dimana tim survei jalankan Verifikasi Pipa Gas tersebut membentang mulai dari Gas Matering System (GMS) Cilegon, Banten hingga ke Pulau Pabelokan di perairan Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Operasi survei meliputi akuisisi, pengumpulan, pengolahan dan penyajian data hidrografi dan oseanografi serta akan digambarkan pada peta Laut nomor 78 terbaru (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer