Home » » Potensi Datangkan Empat Juta Wisman Di Perbatasan Digarap Kemenpar

Potensi Datangkan Empat Juta Wisman Di Perbatasan Digarap Kemenpar

Posted by INDONESIA MANDIRI on Februari 02, 2019

Anak-anak di perbatasan RI
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kementerian Pariwisata/Kemenpar patok datangkan empat juta wisatawan mancanegara (wisman) di sejumlah perbatasan masuk ke Indonesia pada 2019. Target tersebut naik dari sebelumnya 20 persen dari total target 20 juta wisman pada 2019.

“Tahun 2018, diperkirakan pariwisata perbatasan dapat menyumbang 18 persen dari total kunjungan wisman. Karena itu, tahun depan harus naik menjadi 20 persen atau sekitar 4 juta dari total 20 juta target wisman. Kita butuh kerjasama dan bergandengan tangan,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani Mustafa saat Rapat Koordinasi Crossborder Atambua di Hotel Matahari, Atambua (31/1).


Suasana salah satu perbatasan RI
Kemenpar akan terus mendorong potensi pariwisata perbatasan atau cross border. Implementasinya melalui program Joint Promotion, seperti sediakan transportasi (ferry dan bus), event crossborder, hot deals, destinasi digital, dan mobile positioning data (MPD). Beberapa daerah perbatasan Indonesia berhadapan langsung dengan sejumlah negara sahabat seperti dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Papua Nugini, maupun Timor Leste.


"Selain itu wisman dari negara tetangga memiliki kedekatan (proximity) secara geografis. Dengan kedekatan ini wisman lebih mudah, cepat, dan murah menjangkau destinasi kita. Belum lagi kedekatan kultural dan emosional. Ini peluang yang bisa kita maksimalkan," ungkap Rizki (ay/ab).


Foto: Dok. Biro Komblik Kemenpar


Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala