Home » » Mandalika Diusulkan Jadi Destinasi Wisata Olahraga

Mandalika Diusulkan Jadi Destinasi Wisata Olahraga


Menpar Arief Yahya saat kunjungan ke Mandalika
Lombok (IndonesiaMandiri) - Kawasan Mandalika di Lombok, NTB, diusulkan menjadi destinasi wisata olahraga, terkait daya dukung infrastruktur yang kini sedang terus dikembangkan termasuk rencana sebagai tuan rumah balap motor bergengsi MotoGP pada 2021. Hal ini disampaikanMenteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri "ground breaking" Ama-Lurra Resort by Eastern Latitude di Gili Air, Lombok, Nusa Tenggara Barat/NTB (21/2).

"Saya mengusulkan 'positioning' Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga," kata Menpar Arief Yahya yang juga didampingi Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan sejumlah pejabat terkait. "Sebentar lagi dengan adanya MotoGP, pembangunan lapangan golf, dan MICE, saya usulkan Mandalika memiliki 'positioning' sebagai destinasi 'sport tourism'," ungkap Arief Yahya. Ditargetkan kompetisi MotoGP akan dihadiri 100 ribu wisatawan mancanegara.

"Untuk mengadakan MotoGP, kita harus memiliki lisensi. Lisensi tersebut membutuhkan investasi sebesar 9 juta Euro. Kemenpar akan memberikan bantuan sebesar 1 juta Euro. Sisanya, kami mengharapkan kerja sama dari Pemerintah Daerah," jelas Menpar.

Pada kesempatan sama, Menpar juga menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata secara simbolis kepada pelaku usaha lokal yang terdampak gempa NTB. Penyerahan dilakukan di sela-sela sesi Creative Dialogue yang merupakan bagian dari Festival Bau Nyale. Tercatat pada 2018, KUR telah disalurkan hingga sebesar Rp14,6 miliar di Lombok (ay/fm).

Foto: Dok. Kemenpar

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer