Home » » Presiden Apresiasi Tim Penyelam Kopaska&Dislambair TNI AL

Presiden Apresiasi Tim Penyelam Kopaska&Dislambair TNI AL

Posted by INDONESIA MANDIRI on Januari 15, 2019

Tim penyelam TNI AL temukan VCR

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Presiden Jokowi puji tim penyelam dari TNI AL, yaitu dari Satuan Komando Pasukan Katak/Satkopaska dan Dinas Penyelamatan Bawah Air/Dislambair dibawah jajaran Koarmada I terkait temuan VCR (voice cockpit recorder) milik pesawat naas JT-610 yang jatuh pada akhir Oktober lalu.

Tim penyelam TNI AL membawa 25 Personil didukung alat apung LCU 1 unit, Perahu Karet 1 unit, Alat Selam yang terdiri dari Crabe dan Scuba, ALB, Tali, Staldrat, dan peralatan pendukung lainnya serta dengan dukungan KRI Spica-934 dari Pushidrosal berhasil menemukan CVR pada kedalaman 30 Meter tertimbun lumpur dikedalaman 8 meter tepatnya pada Pukul 08.48 Wib di Perairan Tanjung Karawang (14/1).

Mekanisme pencarian dilaksanakan dengan cara penyelam turun ke bawah laut dengan teknik 8 buddy (16 org) selama 20 menit sampai 1 jam secara bergantian mencari dan mendengar suara Ping CVR Lion 610, dan dibantu penyapuan dengan magnetometer oleh KRI Spica-934 yang mendetek posisi CVR.

Ditemukannya VCR akan memudahkan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk membuka dan mengetahui percakapan awak kokpit selama 25 jam terakhir. Diharapkan lima hari kedepan sudah ada perkembangan baru dari hasil tersebut (ma).

Foto: Dispen Koarmada I

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala