Home » » Pergerakan Penumpang Ke Bandara Silangit Tumbuh 51%

Pergerakan Penumpang Ke Bandara Silangit Tumbuh 51%

Arus penumpang ke Bandara Silangit terus meningkat

Siborong-borong/Tapanuli Utara (IndonesiaMandiri) – Geliat pariwisata di Danau Toba kian bergairah. Hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah penumpang di Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII, Silangit, Tapanuli yang meningkat 51%.

Data dari PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara menunjukkan, jumlah penumpangnya mencapai 425.463 penumpang di l 2018, sedangkan pada 2017 tercatat hanya 281.354 penumpang.

"Peningkatan ini terjadi karena lokasi Bandara Silangit sangat strategis dan sudah mulai dikenal masyarakat. Selain itu adanya dukungan beberapa moda transportasi darat rutin dari Bandara ke beberapa tujuan di wilayah sekitarnya, seperti Parapat, Pangururan dan Hutaginjang," ujar Executive General Manager Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII Mohamad Hendra Irawan (7/1).

Pergerakan pesawat pada 2017 tercatat 3787 kali, sementara di 2018, naik menjadi 4878. Ini karena kian banyaknya pilihan penerbangan langsung dari Jakarta ke Silangit, seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air. Dari Kualanamu ada Wings Air, Susi Air, serta penerbangan internasional ada Air Asia Malaysia dan Malindo Air.

Pertumbuhan penumpang di Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII memang tergolong fantastis. Pertumbuhannya sendiri melonjak hampir 1.672 persen dalam waktu 8 tahun. Dari 24.005 penumpang pada 2010 menjadi 425.463 penumpang sampai akhir 2018. Ini indikaei keberhasilan status bandara sejak dicanangkan Presiden Joko Widodo dari hanya perintis menjadi bandara komersial di 2016 (fm).

Foto: AM

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer