Home » » Pangdam IV Ingatkan Prajurit Untuk Netral Dalam Pesta Demokrasi

Pangdam IV Ingatkan Prajurit Untuk Netral Dalam Pesta Demokrasi

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 23, 2019

Kodam IV/Diponegoro siap sukseskan pesta demokrasi

Semarang (IndonesiaMandiri) - Jelang pesta demokrasi 2019 kian dekat, Kodam IV/Diponegoro sebagai bagian TNI mempunyai tugas mensukseskan penyelenggaran Pemilu itu sendiri. Kodam harus bisa mewujudkan bagaimana Pemilu berjalan dengan tertib, lancar dan aman sesuai aturan dan mekasnisme yang ada. Ini disampaikan Pangdam IV/Dipoegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, saat menerima audensi Kepala RRI Regional Semarang Drs. H. Anhar Ahmad di ruang kerjanya (22/1).


Orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro ini juga menegaskan, sesuai garis komando TNI harus Netral. Prajurit dan PNS TNI tidak boleh memihak salah satu pihak atau salah satu kontestan peserta Pemilu.



“Kami tidak akan melibatkan personel maupun fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki TNI dalam kegiatan pemilu seperti kampanye oleh calon/partai tertentu peserta Pemilu. Tidak boleh dan sangat dilarang”, tegasnya.



TNI siap mensukseskan pemilu dan membantu penyelenggara pemilu seperti KPU. Semisal KPU mengalami kendala dalam distribusi logistik pemilu, dengan sarana Kodam IV/Diponegoro siap membatu. Demikian juga dalam hal keamanan, Kodam siap membackup rekan-rekan Polri. “Dalam pelaksanaannya nanti, Kodam akan menyiagakan pasukannya sesuai permintaan Kapolda”, terangnya



Pangdam juga menyakinkan bila ada anggotanya yang melanggar Netralitas TNI akan ditindak tegas. “Begitu ada laporan dari masyarakat atau ada masyarakat yang melihat, kami akan langsung dicek, yang bersangkutan langsung dipanggil dan dimintai keterangan untuk mengetahui sejauh mana kadar keterlibatannya,” jelasnya (bp).



Foto: Pendam4

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala