Home » » TNI AL Kembali Kerahkan 2 Unsur KRI Ke Selat Sunda

TNI AL Kembali Kerahkan 2 Unsur KRI Ke Selat Sunda

Kapal canggih Pushidrosal KRI Rigel-933
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Dua kapal perang milik TNI AL kembali dikerahkan untuk membantu dampak gempa pasca tsunami di Perairan Selat Sunda yaitu KRI Rigel-933 dan KRI Usman Harun-359 (30/12).

Khusus KRI Rigel-933 milik Pusat Hirografi dan Oceanografi TNI AL/Pushidrosal, dikerahkan guna mengetahui penyebab gempa dengan menggunakan deteksi bawah air. KRI Rigel-933 kapal jenis Multi Purpose Research Vessel (MPRV) dengan peralatan survei canggih. Kelebihan lainnya, memiliki robot dalam air yang bisa mengambil sampel, serta memiliki kamera bekerja otomatis. Tak salah memang karena kapal ini memiliki peralatan modern buatan pabrik OCEA, Prancis. 

Selain itu, Rigel-933 dengan komandan Letkol Laut (P) Agus Triyana, dilengkapi AUV (Autonomous Underwater Vehicle), berfungsi pencitraan bawah laut sampai kedalaman 1.000 meter. Lalu ada ROV (Remotely Operated Vehicle) SSS (Side Scan Sonar), untuk mendapatkan gambaran daratan, AWS (Automatic Weather Station), Echosounder Multibeam laut dalam dan Singlebeam. Selanjutnya, CTD (Conductivity Temperaturend Depth) Gravity Corer, kelengkapan laboratorium, dan kemampuan survei perikanan di laut dalam.

Kapal buatan Prancis ini sempat menemukan seorang nelayan yang terdampar di Perairan Pulau Panjang Timur Gunung Anak Krakatau, dan dirawat oleh tim medis KRI Rigel.

Sementara itu, KRI Usman Harun-359 dikerahkan untuk membantu penyisiran serta evakuasi korban tsunami di Selat Sunda (ma).

Foto: Dispen Koarmada I

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer