Home » » Angkatan Darat Australia Optimalkan Kendaraan Lapis Baja Beroda Ban

Angkatan Darat Australia Optimalkan Kendaraan Lapis Baja Beroda Ban

Posted by INDONESIA MANDIRI on September 04, 2018

Australia (IndonesiaMandiri) - Australia telah memesan 211 unit Kendaraan Lapis Baja beroda ban Boxer dari Rheinmetall dengan nilai kontrak sekitar AUD 3,3 milyar dolar Australia, seperti sedang ramai diberitakan media di negeri Kanguru.

Kontrak ditandatangani oleh Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Managing Director Rheinmetall Defence Australia Gary Stewart di gedung Parlemen Australia di Canberra, Agustus lalu. Jadwal penyerahan diperhitungkan antara tahun 2019 dan 2026.

Pilihan Australia pada CRV (Combat Reconnaissance Vehicle) 8x8 ini menunjukkan bahwa modernisasi Angkatan Bersenjata Australia terus berjalan sesuai dengan program jangka panjang modernisasi alutsistanya. Pemilihan Boxer ini dipilih setelah serangkaian pengujian dilakukan Angkatan Darat Australia sesuai dengan proses LAND 400 Tahap II berupa pengujian Aktivitas Mitigasi Risiko performa Ranlapba beroda ban 8x8 yang meliputi mibilitas, daya tembak, sistem komando dan kendali serta tingkat keselamatan/survivability.

Angkatan Darat Australia sebelumnya telah mengoperasikan kendaraan tempur sejenis yang juga 8x8 yaitu Piranha atau versi Australianya disebut ASLAV (Australian Light Armoured Vehicle ) dengan berbagai varian-nya. 

Kendaraan tempur Boxer dari Rheinmetall ini selain digunakan oleh produsennya Jerman, sudah dioperasikan juga beberapa negara Eropa seperti Belanda dan Lithuania. Australia sendiri memesan beberapa varian dari Boxer ini, diantaranya dengan kubah Lance yang dilengkapi dengan senjata kanon otomatis caliber 30mm.

Untuk pelaksanaan kontrak ini, pihak Rheinmetall telah menjalin kerjasama erat dengan berbagai pihak Industri Pertahanan Australia, sehingga terbentuk tim yang memiliki efektivitas tinggi. Diperkirakan lebih dari 40 industri di Australia yang dilibatkan dalam program penyelesaian kontrak Boxer ini (mah/mab).

Foto: Istimewa 

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala