BPN Jember Bantu Berdayakan Masyarakat Miskin

Jember ( IndonesiaMandiri ) – Langkah nyata yang ditempuh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember untuk pro aktif membantu Pemerintah Kabupat...

Jember (IndonesiaMandiri) – Langkah nyata yang ditempuh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember untuk pro aktif membantu Pemerintah Kabupaten Jember dalam memerangi kemiskinan layak ditiru. Pasalnya, Sabtu lalu (28/5), melalui programnya yang diberi nama “Reforma Agraria”, BPN mengajak Pemkab Jember dan Bank Jatim untuk bersama “memerangi” kemiskinan secara terpadu, terencana, dan terukur hasilnya.

“Yang kita lakukan adalah memutus mata rantai kemiskinan strukural bagi masyarakat Jember,” papar Joko Susanto, SH, MH, Kepala Kantor BPN Jember, selaku penggagas. Caranya? Dalam kesepakatan yang sudah dituangkan dengan tiga lembaga ini, ada tiga hal penting. Yakni, pengurusan sertifikat tanah secara gratis bagi masyarakat miskin, pemberian fasilitas perbankan secara mudah bagi masyarakat miskin untuk membangun usaha kecil menengah. serta pendampingan masyarakat miskin dalam pengurusan berkas sampai dengan kegiatan usahanya.

Soal sertifikat gratis, itu bagiannya BPN. Sementara pemberian fasilitas pinjaman dana untuk usaha, adalah perannya Bank Jatim. Sedangkan yang turut mengawasi sekaligus mempetakan masyarakat mana saja yang berhak memperoleh fasilitas ini, adalah tugasnya Pemkab Jember.

“Kita mau  mengajak masyarakat yang kurang beruntung untuk berkembang dan semangat berusaha. Asetnya yang ada, dibantu urus sertifikat secara gratis, lalu bisadijaminkan ke perbankan,” sambung Joko. Dana yang diperoleh itu, kemudian bisa digunakan untuk usaha apapun guna menopang kehidupan sehari-harinya.

Intinya, Joko memang tidak mau langsung berbangga hati bahwa program “Reforma Agraria” yang diperkenalkannya ini bisa serta merta langsung menghapus angka kemiskinan di Jember. Tapi, ini merupakan sasaran antara saja, atau program jangka pendek. Dengan roda perekonomian masyarakat yang kurang beruntung bisa berputar, dampaknya bisa menggairahkan kehidupannya, seperti biaya hidup, pendidikan anaknya, dan lain sebagainya.

Satu hal yang menarik juga dicatat dalam program ini adalah, tidak ada penggunaan dana talangan dari APBN atau APBD. Jadi nuansa sosial sangat kuat. Itu sebabnya, saat nota kesepakatan diteken oleh Bupati Jember dr. Faida, Kepala BPN Kabupaten Jember Djoko Susanto dan Pemimpin Bank Jatim Cabang Jember M. Islah Noer, turut hadir dan menyaksikan  adalah  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (abri).

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: BPN Jember Bantu Berdayakan Masyarakat Miskin
BPN Jember Bantu Berdayakan Masyarakat Miskin
http://indonesiamandiri.id/wp-content/uploads/2016/05/160530-BPN-Jember.png
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2016/05/bpn-jember-bantu-berdayakan-masyarakat.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2016/05/bpn-jember-bantu-berdayakan-masyarakat.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy