Tatap Muka Kadispenad Dengan Pers Di Awal 2016

Jakarta ( IndonesiaMandiri ) - Humble , informatif dan hangat, jauh dari kesan militer yang biasanya kaku. Itulah kesan pertama yang Indones...

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Humble, informatif dan hangat, jauh dari kesan militer yang biasanya kaku. Itulah kesan pertama yang IndonesiaMandiri (IM) tangkap dari sosok Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad), Brigjen MS. Fadhilah saat menghadiri  “Silaturahmi dan Coffee Morning Kadispenad dengan Wartawan Media Massa” (8/1) di Kartika Media Center, Jalan Abdulrahman Saleh, Jakarta Pusat.

Segera setelah memasuki ruangan acara langsung “in action” (tanpa tetek bengek urusan seremonial), membuka dengan ucapan-ucapan selamat dan menyampaikan banyak hal antara lain harapan ingin lebih akrab bergandengan tangan dengan media massa. Momen tatap muka ini sekaligus juga memberitahukan bahwa pada 13 Januari, adalah HUT Dispenad ke 65 tahun.

Terkait dengan itu, hasil yang sudah dan ingin dicapai yakni TNI AD harus mendapatkan dukungan dari masyarakat luas. Sebagai langkah awal, yakni bersilaturahmi dengan masyarakat pers. Disampaikan pula bahwa beberapa waktu lalu adanya “serangan” dari pers asing (Belanda) dengan mengangkat isu Papua.  Dari penyampaian tersebut menunjukkan Brigjen MS. Fadhilah memiliki Self Awareness yang tinggi sebagai Kadispenad.

Pada kesempatan tersebut juga Kadispenad mengajak insan pers untuk mengangkat sisi lain dari prajurit TNI khususnya TNI AD yaitu sisi humanisnya yang belum banyak di elaborasi dengan demikian sisi-sisi humanis dari prajurit-prajurit TNI AD tersebut dapat lebih dirasakan oleh masyarakat, ini sejalan dengan kebijakan Pimpinan TNI yang antara lain menyebutkan “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Sebaliknya dari insan pers diberi kesempatan luas untuk menyampaikan kritik, harapan serta  masukan-masukan untuk Dispenad kedepan. Bahkan ada juga wartawan yang “curhat” saat dibuka kesempatan berdiskusi. Intinya memang, bagaimana bersama-sama, Dispenad dan insan pers untuk memelihara bingkai NKRI dan kepentingan nasional di atas kepentingan lainnya (anries/abri).
 

 

Sekilas Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad)

“Berbuat yang Terbaik,
Berani, Tulus dan Ikhlas”
Dinas Penerangan Angkatan Darat
Jl. Veteran No. 5 Jakarta Pusat
http://www.tniad.mil.id/dispenad/

Sejarah Singkat Dispenad
Cikal bakal Dinas Penerangan TNI-AD, sudah tampak sejak perang kemerdekaan. Satu kenyataan yang tak dapat dipungkiri, walaupun secara resmi organisasi Penerangan belum terbentuk, namun keberadaan dan perannya dalam perjuangan bangsa, telah menampakkan hasil yang nyata. Sangat beralasan apabila pada perkembangan selanjutnya, yakni dalam wadah organisasi ketentaraan yang dibentuk 5 Oktober 1945, dengan nama Tentara Keamanan Rakyat (TKR), eksistensi peran Penerangan semakin meningkat dan mulai terorganisir, meski dengan personel dan peralatan yang sangat sederhana. Markas Besar Tentara (MBT) di Yogyakarta pada waktu itu telah memiliki bagian yang menjalankan kegiatan penerangan militer. Panglima Besar Jenderal Sudirman menunjuk Mayor Jenderal H Anwar Tjokroaminoto sebagai pimpinan Penerangan. Salah satu stafnya adalah bidang koordinasi pers yang dijabat oleh Letnan K Suwarno.

Tugas dan Fungsi Dispenad
Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad) dalam menjalankan tugas sebagai salah satu institusi di jajaran TNI AD adalah menyampaikan informasi secara benar dan profesional tentang hal ikhwal TNI AD sebagai kekuatan pertahanan negara Matra Darat kepada masyarakat, serta memberikan tanggapan yang simpatik manakala ada suatu informasi yang dianggap dapat merugikan citra positif TNI AD. Selain itu sebagai institusi yang sekaligus “Agen Informasi”, bertugas mengolah informasi, menyampaikan informasi, mengelola informasi, baik untuk pihak internal maupun eksternal dan semua itu ditujukan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

 

Pejabat Dispenad
Kadispenad
Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah

Sesdispenad
Kolonel Caj Drs. Sumirat Kriswasana, M.M.

Kasubdis Binfung   
Kolonel Kav
A. Nugroho Santoso

Kasubdis Pensat
Kolonel Inf
Efran Gunawan    Kasubdispenmedtak
Kolonel Inf
Fadjar Tjahyono

Kasubdispenmedlek
Kolonel Inf
Benny Bintoro

Kasubdispenmedonline
Kolonel Inf
Drs. Mu’tamar

Kasubdis Lisstra
Kolonel Arh
Hamim Tohari, M.A.

Sumber-sumber :

http://www.tniad.mil.id/dispenad/?page_id=190
http://www.tniad.mil.id/dispenad/
http://www.tniad.mil.id/dispenad/wp-content/uploads/2015/01/MS._Fadhilah1.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/MS_Fadhilah
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/7/7f/MS._Fadhilah.jpg
http://a.okezone.com/photos/2010/11/05/1057/5328_large.jpg

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Tatap Muka Kadispenad Dengan Pers Di Awal 2016
Tatap Muka Kadispenad Dengan Pers Di Awal 2016
http://indonesiamandiri.id/wp-content/uploads/2016/01/Tatap-Muka-KaDisPenAD.png
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2016/01/tatap-muka-kadispenad-dengan-pers-di.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2016/01/tatap-muka-kadispenad-dengan-pers-di.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy