Home » » Tour de Timor Bakal Percantik Wisata NTT

Tour de Timor Bakal Percantik Wisata NTT

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Bagi pecinta olahraga sepeda jarak jauh (touring), ada rute menantang yang ditawarkan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) di ujung 2015. Yakni, mengarungi perjalanan lintas Timor dari Atambua hingga kota Kupang. Acara yang diberi nama Tour d Timor (TdT), rencananya berlangsung pada 16-19 Desember 2015.

TdT adalah acara olahraga campur wisata yang pertamakali dirintis oleh Pemprov NTT. "Kita sudah siapkan semua untuk TdT ini termasuk akomodasi, baik di hotel atau homestay", tutur Frans Salem, Sekda Pemprov NTT saat tatap muka dengan pers di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakatta (22/10).

Frans yang didampingi Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, juga menjelaskan bahwa TdT nantinya akan dibikin sebagai agenda rutin setiap tahun. Bahkan tahun depan akan menggandeng negara tetangga Timor Leste juga untuk dilintasi pula.

Saat ini NTT memang ada kerjasama yang sangat baik - salah satunya di bidang Pariwisata - kepada Timor Leste dan Australia (Darwin). Momentum TdT akan dijadikan salah satu tali pererat pula nantinya kepada dua negara tersebut.

"Kami menyambut baik upaya Provinsi NTT dalam mempromosikan potensi pariwisata melalui sport tourism TdT 2015 ini," sambung Esthy mewakili Menteri Pariwisata. Esthy juga kagum akan keindahan pesona alam dan kearifan lokal NTT karena sudah beberapa kali berkunjung ke sejumlah kota di NTT.

Acara ini kedepannya akan menyemarakkan sport tourim sepeda lainnya. Karena seperti diketahui, sebelumnya di Indonesia sudah dikenal tour de Singkarak (Sumatera Barat), tour de Ijen (Banyuwangi), dan lain-lain.

Untuk NTT sendiri, momentum TdT juga guna meramaikan hut pemprov NTT ke 57 pada 20 Desember. Juga sekaligus bertepatan dengan Hari Kesetiakawanan Nasional serta Hari Ibu. Jadi, TdT yang akan melewati rute Atambua-Kefa-Soe-Kupang ini, diharapkan dapat menambah minat wisatawan yang ingin berkunjung ke NTT.

Penyelenggara TdT merupakan kerjasama antara Pemprov NTT, Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) dan DHExplore. Pesertanya TdT antara usia 17-55 tahun dan berbadan sehat. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi panitia Marloan Lolang dan Tito Mananohas di nomor telpon 081337229049/081247089888 (abri) Kredit foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer