Home » » Hubungan Indonesia Spanyol

Hubungan Indonesia Spanyol

Jakarta (Indonesia Mandiri) - Spanyol menjajah Sulawesi Utara Indonesia Tahun 1521 - 1692. Hubungan kedua negara terjalin sejak dibukanya hubungan diplomatik pada tahun 1958.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Spanyol secara umum dirasakan semakin baik dengan meningkatnya peran Indonesia di kancah internasional. Bagi Spanyol, Indonesia merupakan negara ¨Strategic Alliance¨ di kawasan Asia Tenggara.

Sejumlah petinggi kedua negara saling bertukar kunjungan, seperti Ratu Sofia yang pernah mengunjungi Indonesia pada 5-7 Februari 2007 untuk meninjau beberapa proyek bantuan Spanyol di Aceh, Nias, dan Taman Nasional Gunung Leuser.

Pada tahun 2007 dan 2008 Indonesia mengalami surplus perdagangan dari Spanyol, hal ini salah satunya dikarenakan bahwa Indonesia adalah negara Asia terbesar kedua pengekspor barang ke Spanyol, dan nomor 30 dari  negara-negara di dunia. Sementara per Oktober 2008, Spanyol bertengger pada posisi ke-36 dari negara yang berinvestasi di Indonesia, dengan nilai USD 13,2 juta untuk 9 proyek. Pada tahun 2005, pemerintah Indonesia juga menjalin kerja sama kelautan, dan perikanan dengan Dewan Kelautan dan Perikanan daerah otonomi Galicia.

 Perjanjian kedua Kantor Berita kedua Negara ditandatangani di Madrid pada 23 November 2007. Adapun kerjasama ANTARA dan EFE, mencakup kerjasama dalam bidang; pertukaran berita, produk berita, teknologi, dokumentasi, dan berbagai perkembangan kantor berita lainnya. (SSM)

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer