Hubungan Indonesia Perancis

Paris (Indonesia MandiriPerancis pernah menjajah Indonesia, tepatnya pada 1806 - 1811. Selebihnya Anda dapat membacanya di sini. Sebenarnya jika mengamati hubungan kedua negara ini, mulai dari Abad XVI sampai XX, maka kita akan tahu bahwa hubungan Indonesia dan Prancis memiliki ikatan historis yang sudah cukup lama, atau sudah + terjalin dari 450 tahun lalu.

Daendels dikenal sebagai gubernur jenderal Hindia Belanda yang sangat kejam, sementara Daendels dikirim oleh Napoleon untuk berkuasa di Jawa. Meskipun Dandels tidak terlau lama memerintah di Hindia Belanda, namun  ia mewarnai dasar dari bentuk sebuah negara sentralistik yang sampai sekarang masih dirasakan di Indonesia.
Namun demikian, Daendels juga meninggalkan karya yang hingga kini masih digunakan, yakni jalur jalan Pantai Utara dan Selatan di Jawa yang pada saat lebaran selalu padat.

Komunitas Perancis memiliki ‘daerah Prancis’ atau sekitar Rijswijkstraat (kini jalan Majapahit) yang menjadi sentra toko-toko Prancis. Membuat jalan ini sangatlah populer di kalangan Elite Belanda. Ada yang entah kebetulan, entah French Connection, di jalan Rijswijkstraat, dulu berdiri Hotel des Indes (Hindia), kini digantikan oleh bangunan dari jaringan supermarket kelas dunia Carrefour dari Perancis.

Kantor Kedutaan Indonesia di Paris
47 Rue Cortambert, 75116 Paris, Prancis
+33 1 45 03 07 60

Kantor Kedutaan Perancis di Jakarta
Jl. MH Thamrin No 20 Jakarta 10350 Nomor
Telepon : 021 2355 7600 Fax : 021 2355 7601
Share:

Arsip