Home » » Kemandirian Ekonomi

Kemandirian Ekonomi


Jakarta, Ritz Carlton (Indonesia Mandiri) Agar Indonesia dapat bersaing di era globalisasi, kiranya perlu dilakukan suatu perubahan, dari suatu “Ketergantungan” menjadi sebuah “Kemandirian”.

Memang, untuk merubahnya tidak semudah membalik telapak tangan.

Tetapi yang perlu diingat, harapan itu tetap ada. Karena, kualitas pemikiran dan fisik manusia Indonesia sebenarnya sangat mumpuni. Tetapi, sejak para pemimpinnya yang dengan sengaja membawa kepada pengaruh Barat dan Timur Tengah. Manusia Indonesia kehilangan jati dirinya, bahkan banyak yang menjadi penghianat bangsa.

Apapun yang akan kita bangun, apakah Ekonomi atau Politik, sudah selayaknya kembali dahulu kepada budaya bangsa sendiri. Kalau pun ingin menggunakan pepatah Ambil yang baik, dan Tinggalkan yang jelek. Maka kita harus memilah antara "Konsep" dan "Teknologi Pelaksanaan".

Mengenai "Konsep", kita harus tetap berpijak pada Pancasila dan UUD 45. Sedangkan mengenai "Teknologi Pelaksanaan" kita dapat melihat dan mencontohnya dari luar.

Sementara yang kita rasakan saat ini, justru Konsep serta Penerapan-nya kita jiplak mentah-mentah dari luar, yang sama sekali tidak cocok dengan Budaya Bangsa yang ada. Oleh karena itulah, secara tidak kasat mata, lambat laun, kita semakin terperosok dalam jurang kegagalan.

Sapto Satrio Mulyo (10/07/11)

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer