Home » » Pushidrosal Dipercaya Pimpin North Indian Ocean Hidrographic Commission

Pushidrosal Dipercaya Pimpin North Indian Ocean Hidrographic Commission

Posted by Indonesia Mandiri on Juli 19, 2021

Pushidroal perwakilan Pemerintah RI sebagai lembaga internasional bidang hidrografi
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Pada pertemuan tiga hari ke-20 North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC-20) pada 13-15 Juli 2021, salah satu keputusan bersama terbesar diambil adalah dipilihnya secara aklamasi, Indonesia melalui Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) ditetapkan sebagai Ketua NIOHC periode 2021-2023, menggantikan posisi Sri Lanka sebagai ketua sebelumnya.

Rangkaian agenda kegiatan pertemuan ke-20 NIOHC digelar secara virtual ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bendera kepemimpin NIOHC oleh Sri Lanka kepada Indonesia, diikuti dengan sambutan dari Indonesia, dalam hal ini Komandan Pushidrosal yang disampaikan oleh Asisten Pengamanan, Kerjasama dan Perbatasan atau Aspamkersamtas Danpushidrosal.

Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional sekaligus mewakikili Pemerintah RI pada kelembagaan internasional di bidang hidrografi. Dalam pertemuan NIOHC yang dipimpin Chairman NIOHC Rear Admiral YN Jayarathne dari Sri Lanka ini, diikuti 40 peserta terdiri dari Direktur IHO, Negara Anggota NIOHC (Member, Associate Member dan Observer) serta beberapa kontributor dan expert. Delegasi Pushidrosal dipimpin Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono, mewakili Komandan Pushidrosal, didampingi oleh Paban Kersam dan Pabandya Kersam Luar Negeri Pushidrosal.

Dalam pertemuan tersebut, tiap anggo NIOHC (Member dan Associate Member) menyampaikan laporannya sebagai Lembaga Hidrografi masing-masing negara anggota terkait penyelenggaraan kemampuan survei hidrografi, kegiatan capacity building maupun kontribusinya d bidang lain pada linglup nasional maupun regional seperti Search and Rescue (SAR) dan tanggap bencana alam.
Sidang ke-20 NIOHC digelar melalui video conference atau daring
Aspamkersamtas Danpushidrosal memaparkan capaian kegiatan sebagai lambaga hidrogafi nasional Indonesia serta tanggapan berupa apresiasi atas peran aktif Indonesia dalam program capacity building, baik dalam hal pengiriman personel untuk mengikuti kegiatan capacity building di negara tersebut maupun menjadi tuan rumah kursus dan pendidikan hidrografi oleh negara anggota lainnya.

Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetyawan pada sambutannya dibacakan Kolonel Laut Yanuar, menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh negara anggota atas kepercayaannya dan ucapan terimakasih kepada Srilanka yang telah melaksanakan tugas sebagai ketua NIOHC pada periode 2019-2021.

Terpilihnya Pushidrosal sebagai Ketua (Chairman) NIOHC ini, sambung Danpushidrosal, selain sebagai prestasi bagi Pushidrosal dan TNI AL di tingkat Internasional , juga merupakan wujud kepercayaan serta pengakuan dari negara di wilayah regional NIOHC kepada Indonesia yang tidak terlepas dari kontribusi serta peran aktif Indonesia/Pushidrosal di berbagai kegiatan hidrografi lingkup regional, global untuk mendukung keselamatan bernavigasi di laut (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri