Home » » Inilah Dua Pilot Pertama Puteri Papua Di Maskapai Terbesar Indonesia

Inilah Dua Pilot Pertama Puteri Papua Di Maskapai Terbesar Indonesia

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 09, 2021

Vanda Korisano menjadi pilot di Garuda Indonesia
Papua
 (IndonesiaMandiri) – Duta Besar (Dubes) RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga Tantowi Yahya merasa bangga kepada dua mahasiswa asal Papua dan Papua Barat, yang menempuh pendidikan di negeri Kiwi (Selandia Baru), dapat menjadi pilot pertama pada maskapai penerbangan top di tanah air.

"Dua mahasiswa tersebut yakni Vanda Korisano dan Martha Itaar, dimana keduanya tiba di negeri Kiwi pada 2014," kata Tantowi, beberapa waktu silam. Menurut Tantowi, keduanya adalah mahasiswi asal Bumi Cenderawasih, dari sekitar 150 orang pelajar dan penerima beasiswa dari dana Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua yang menempuh pendidikan di Nelson Aviation College, Selandia Baru.

"Keduanya berhasil mengejar mimpinya menjadi pilot pertama puteri Papua di maskapai terbesar Indonesia, Garuda Indonesia per Juni 2019, di mana Vanda diterima sebagai pilot di Garuda Indonesia, sedangkan Martha diterima di Citilink," jelas Tantowi.

Marveys Ayomi, Pengajar di International Pacific University (IPU) Selandia Baru, yang selama ini menjadi mentor para mahasiswa Indonesia di kampus dan sebagai orang tua atau penanggung jawab mahasiswa Papua di Selandia Baru. dalam pesannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dubes Tantowi dan pemerintah Indonesia.

Ia juga mengucapkan apresiasi kepada jajaran di Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Wellington atas upayanya dalam membantu dan memberikan perhatian kepada para mahasiswa Papua. Sekedar informasi, Vanda dan Marta yang tiba di Selandia Baru pada 2014, tercatat pernah mendapatkan penghargaan sebagai penerbang terbaik sepanjang tahun untuk mahasiswa internasional (best all round flying performance for international students).

Martha Itaar di anak perusahaan Garuda Indonesia Grup, yakni Citilink
Keduanya mendapatkan sertifikasi berupa Private Pilot License, Commercial Pilot License dan Multi Engine Instrument Rating, di mana setelah lulus dari Selandia Baru pada awal Januari 2018, Vanda dan Martha memutuskan melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Penerbangan Ganesha, di Jakarta. LaluLalu keduanya mendapat sertifikasi Indonesian DGCA Pilot License, di mana pada Juni 2019, kerja keras dan perjuangan keduanya akhirnya terbayarkan, mimpinya untuk menjadi pilot maskapai terbesar Indonesia, Garuda Indonesia (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala