Home » » Kreasi Babinsa Hadirkan Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" Di Raja Ampat

Kreasi Babinsa Hadirkan Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" Di Raja Ampat

Posted by Indonesia Mandiri on November 06, 2020

Kedekatan TNI dan masyarakat terwujud dengan terbentuknya Sanggar Seni di Raja Ampat

Raja Ampat/Papua Barat
 (IndonesiaMandiri) – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa bersama isteri dan rombongan meresmikan Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" yang berada di Kampung Sapokren, Distrik Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat (5/11), dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke wilayah tugas Kodim 1805/Raja Ampat, Papua Barat.

Pangdam XVIII/Kasuari beserta rombongan disambut masyarakat Kampung Sapokren dengan Prosesi adat "Injak Piring dan pengalungan Selendang Kain Timur" serta diiringi tarian adat menuju ke perkampungan.

Peresmian sanggar seni ditandai dengan pengguntingan pita sebagai pembuka kain selubung papan nama "Sanggar Seni Kreasi Mankobon" Kampung Sapokren, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti.

Sanggar Seni Kreasi 'Mankobon' Kampung Sapokren ini  merupakan binaan peran Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1805-01/Saonek, Sertu Bagus Teguh dan sementara gedung yang dibangun merupakan hasil kegiatan Bakti Sosial anggota Kodim 1805/Raja Ampat, diprakarsai Dandimnya Letkol Inf Paulus Kaiba.

Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan rasa harunya atas antusiasme warga masyarakat dalam mendukung Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" yang menjadi binaan Babinsa di Kodim 1805/Raja Ampat. Hal ini terlihat dari bagaimana anak-anak sanggar begitu mahir dan hafal dalam menyanyikan  lagu "Mars Kodam XVIII/Kasuari dan Mars Babinsa" tanpa teks dengan diiringi musik tradisional yang terbuat dari bambu.

Pangdam XVIII/Kasuari juga memberi sejumlah bantuan untuk masyarakat Kampung Sapokren, sebagai ucapan terima kasih, dengan disertai harapan agar budaya masyarakat Raja Ampat tetap dipelihara dan dilestarikan agar tidak punah dari masa ke masa (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala