Home » » Enam Pelabuhan Ikan Di Papua Barat Dapat Perhatian Khusus Kemenko Marves

Enam Pelabuhan Ikan Di Papua Barat Dapat Perhatian Khusus Kemenko Marves

Posted by INDONESIA MANDIRI on September 15, 2020


Sorong bakal jadi pelabuhan hub domestik dan internasional untuk wilayah Timur Indonesia
Jakarta (IndonesiaMandiri) –  “Guna peningkatan kapasitas dan stabilitas sistem produksi dan pemasaran, penguatan konektivitas antara sentra produksi hulu hingga hilir, serta peningkatan efisiensi manajemen rantai pasokan produk kelautan dan perikanan, pada 8-11 September kemarin kami melakukan tinjauan lapangan ke pelabuhan-pelabuhan di provinsi Papua Barat,” ujar Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Daya Saing Kemenko Marves Dedy Miharja (15/09).

Lokasi kunjungannya yakni Pelabuhan Perikanan Klademak, Pelabuhan Perikanan Katapop Sorong, Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong dan PT Irian Marine Product Development West Papua, serta Kantor Cabang PT Perinus.

Rombongan Kemenko Marves juga Rapat Koordinasi Terkait Potensi, Sarana Dan Prasarana Logistik Dan Pemasaran Produksi Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat di Kantor Pelindo IV Sorong serta membahas kesiapannya sebagai salah satu Pelabuhan Hub Domestik dan Internasional di wilayah Indonesia Timur.

“Dari hasil kunjungan tersebut, ditemukan beberapa permasalahan/ kendala umum di mana terdapat 9 Pelabuhan Perikanan di Provinsi Papua Barat, dengan 6 Pelabuhan Perikanan telah diserahterimakan ke provinsi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah untuk kemudian diusulkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan guna mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK),” papar Dedy.

Persoalan kesulitan pendanaan nelayan untuk melaut guna memenuhi kebutuhan bahan bakar, lalu kondisi beberapa dermaga yang perlu diperbaiki serta ditemuinya pemanfaatan produk olahan ikan yang belum dimanfaatkan secara baik, juga menjadi soroton.

Kemenko Marves akan melakukan rapat koordinasi lanjutan dengan KemenKP, Bappenas, BUMN dan Pemda terkait kendala yang ditemui selama kunjungan dan kesiapan Pelindo IV sebagai salah satu Pelabuhan Hub Domestik dan internasional.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Bank BNI Cabang Sorong untuk dapat memberikan akses permodalan bagi nelayan dengan Kredit Usaha Rakyat sesuai ketentuan yang berlaku. Di samping itu PT. Perinus bersedia mengakomodir pemanfaatan gudang sebagai tempat pengolahan tetelan ikan,” terang Dedy (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala