Home » » Berdayakan UMKM, Cintai Dan Beli Produk Anak Bangsa

Berdayakan UMKM, Cintai Dan Beli Produk Anak Bangsa

Posted by Indonesia Mandiri on September 19, 2020

Pemerintah dorong pemberdayaan pelaku UMKM di masa pandemi
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat mengikuti talkshow acara “Launching Bangga Buatan Indonesia #PernakPernikUnik” digelar Kementerian Perdagangan, Jakarta (16/9), mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa bertahan dan lebih cepat beradaptasi serta menciptakan inovasi baru di tengah pandemi.

“Tapi kita selalu percaya, dalam setiap tantangan kita harus bisa mencari peluang dan jalan keluar. Cara untuk melihat peluang di masa pandemi ini adalah pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dan berinovasi dengan cepat. Salah satu upayanya adalah dengan go online, karena hal ini dapat membantu banyak usaha termasuk produk kreatif agar bisa bertahan dan mempunyai pasar yang jauh lebih luas. Jadi, ini merupakan sebuah peluang yang harus kita sadari bersama dan perlu kita dorong,” ajak Angela.
Ditambahkan Angela, untuk cepat beradaptasi, pelaku UMKM harus pandai dalam melihat potensi market. Seperti yang dilakukan Kemenparekraf dalam mendorong produk kreatif melalui Gerakan Masker Kain. “Kami melihat ada potensi yang bisa dikembangkan untuk UMKM sektor fashion, agar segera mengadopsi peluang ini untuk bisa memproduksi masker kain karena memang ada kebutuhan. Inovasi seperti ini yang perlu kita lakukan,” terang Angela.
Kemenparekraf/Baparekraf juga telah meluncurkan program #BeliKreatifLokal untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, guna membantu UMKM dari offline menjadi go online. Selain itu, Kemenparekraf juga memberikan bantuan berupa pelatihan untuk melakukan promosi secara online yang pastinya berbeda dari cara promosi secara offline.
Senada dengan Wamenparekraf, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, saat ini pelaku UMKM perlu melakukan adaptasi dan inovasi terhadap produk kreatif untuk mengikuti perkembangan market yang baru, dengan cara memanfaatkan platform digital atau media sosial untuk strategi marketing. Karena, saat ini penjualan di platform digital tumbuh sebesar 26 persen. Apalagi dengan adanya penambahan merchant baru sampai dengan 3,1 juta lebih yang terhubung dengan ekosistem digital.
“Dengan adanya teknologi digital atau market online, para pelaku UMKM bisa menembus pasar global. Hal ini sangat potensial dan akan sangat membantu perputaran ekonomi di Indonesia,” jelas Teten.
Sementara Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menambahkan, bentuk paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk Indonesia, dalam hal ini buatan dalam negeri.
Jadi, pemerintah Indonesia akan berupaya mengajak masyarakat agar selalu bangga akan buatan Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk anak bangsa, khususnya produk kerajinan pernak-pernik unik asli Indonesia. “Marilah kita tetap optimistis, bisa melewati masa pandemi ini dengan mendukung UMKM Indonesia dan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan,” harap Agus (ag/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala