Home » » Bakamla RI Pantau Dan Usir Kapal Coast Guard Cina Di Laut Natuna Utara

Bakamla RI Pantau Dan Usir Kapal Coast Guard Cina Di Laut Natuna Utara

Posted by Indonesia Mandiri on September 13, 2020

Dalam peta elektronik menunjukkan kapal Coast Guard Cina melanggar yurisdiksi perairan Indonesia
Ranai (IndonesiaMandiri) – Operasi Cegah Tangkal Badan Keamanan Laut (Indonesia Coast Guard) atau Bakamla RI di Laut Natuna Utara, menjumpai kehadiran kapal asing yang masuk wilayah yurisdiksi Indonesia (12/9). Operasi ini baru saja dilepas oleh Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia pada 4 September lalu, untuk menegakkan keamanan di laut, terutama di zona maritim Barat.

Kapal asing tersebut, ternyata milik Coast Guard Cina (CGC), bernomor lambung 5204, terdeteksi sekitar pukul 10.00 WIB di radar dan automatic identification system (AIS) dari kapal Bakamla RI, KN Nipah-321 pada jarak 9,35 NM, yang langsung melakukan intersep hingga jarak 1 Nm.
Lewat radio VHF channel 16, Crew KN Nipah menanyakan kegiatan CGC. Jawabannya, Crew Kapal CCG 5204 bersikeras menyebut hanya sedang berpatroli di area “nine dash line”, yang merupakan klaim sepihak wilayah teritorial Cina.
Kabakamla Laksdya TNI Aan Kunia gelar Operasi Cegah Tangkal  tegakkan keamanan laut Indonesia sejak September hingga November 2020
Crew KN Pulau Nipah-321 dengan tegas menyebut, berdasarkan aturan UNCLOS 1982, tidak diakui keberadaan nine dash line, dan CCG 5204 sedang berada di area ZEEI (zona ekonomi eksklusif Indonesia) serta diminta segera keluar dari wilayah yurisdiksi Indonesia. Perlu diketahui, Laut Natuna Utara merupakan wilayah yurisdiksi Indonesia, memiliki hak berdaulat atas sumber daya alam yang ada dalam perairan tersebut. Kapal-kapal asing dibenarkan melintas dengan syarat tidak melakukan aktivitas lain yang bertentangan dengan hukum nasional.
Sampai saat ini, kedua kapal masih saling membayang-bayangi satu sama lain. KN Nipah 321 terus pantau dan menghalau CCG 5204 keluar dari ZEEI. Bakamla RI sedang berkoordinasi dengan Kemenkopolhukam dan Kemenlu terkait hal ini (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala