Home » » Cina Perkenalkan Kapal Pendarat Baru Type 075

Cina Perkenalkan Kapal Pendarat Baru Type 075

Posted by INDONESIA MANDIRI on Agustus 24, 2020

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Pada 5 Agustus 2020 lalu, terlihat kapal baru jenis Landing Helicopter Dock (LHD) Type 075 yang pertama (Lead Ship) milik Cina melaut dari fasilitas galangan Hudong-Zhonghua, Shanghai. Diperkirakan kapal baru ini akan segera memasuki tahap uji melaut, dan beberapa bulan kedepan disusul dengan kapal kedua.

Kapal yang oleh NATO disebut sebagai kelas Yushen Landing Helicopter Assault ini, diperkirakan memiliki bobot mati sekitar 36.000 ton, bila dengan muatan penuh dapat mencapai 40.000 ton, dengan panjang sekitar 236 meter dan lebar flight deck 36 meter (beam 43 meter). Pada deck terdapat enam titik pendaratan pesawat helikopter. Diperkirakan kapal ini dapat membawa 28 unit helikopter serbu.

Kedua kapal Type 075 ini, pertama diluncurkan pada 25 September 2019, dan kedua 22 April 2020, dimana pembuatannya dimulai pada 201. Sedangkan kapal Type 075 yang ketiga sedang dalam proses pembuatan di galangan yang sama. Dua kapal yang sudah jadi tersebut rencananya akan di tempatkan satu di Kesatuan Armada Utara, dan satu di Kesatuan Armada Timur.

Belum diketahui apakah nantinya helikopter serbu yang akan berpangkalan di kapal ini dari type Z-8 medium-lift atau dari jenis lainnya. Kapal ini digerakkan oleh mesin berkekuatan 9.000 kW 16PC2-6B, dipersenjatai dengan empat unit Close-in Weapon System (CIWS) berupa dua unit SHORAD HQ-10 (Red Flag-10) dan sepasang Point-Defence H/PJ-11 Multi-tube AAA 30mm.

Dengan kehadiran kapal Type 075 ini, kekuatan armada peperangan ampibi Tentara Pembebasan Rayat Angkatan Laut Cina (PLAN) akan semakin kuat. Kapal ini selain diperkuat dengan puluhan helikopter serbu, juga dapat mendaratkan pasukan ampibi dengan hovercraft (2 sampai 4 unit 726A LCAC) maupun kendaraan tempur ampibi lainnya. Juga dapat bertindak sebagai pusat komando-kendali operasi.

Jenis-jenis pesawat helikopter yang dapat dibawa oleh kapal ini antara lain dari jenis Z-8, Z-9, Z-18 (medium lift), Ka-28, atau Ka-31. Dilengkapi dengan elevator yang terletak dibagian buritan kapal.  Kehadiran Type 075 LHD ini akan melengkapi kapal ampibi Landing Platform Dock (LPD) Type 071, sehingga kombinasi keduanya akan meningkatkan kemampuan serbu ampibi Angkatan Laut Cina.

LPD Type 071 oleh pihak pengamat disejajarkan dengan kapal sejenis milik Angkatan Laut Amerika kelas San Antonio (LPD-17). Sementara Type 075 disejajarkan dengan kapal AL Amerika kelas WASP (LHD-1) yang menampung selusin helikopter, pesawat Harrier dan tiga unit LCAC (landing craft air cushion) serta 1900 personil pasukan.  Perbedaannya hanya pada Type 075 tidak membawa pesawat bersayap tetap seperti Harrier yang mampu take-off dan landing secara vertikal.

LHD Type 075 dilengkapi perangkat elektronik berupa 726 electronik warfare system, 526 anti-torpedo system, dan H/ZKT-1B amphibious operational command system. Kehadiran alat utama sistem senjata (alutsista) kapal Cina ini akan meramaikan kekuatan armada laut di kawasn Laut Cina Selatan. Akankah perimbangan kekuatan armada di kawasan tersebut akan semakin dinamis? Bagaiamana negara di Asia lainnya termasuk Indonesia menanggapinya?


MUHAMMAD ALI HAROEN


Sumber: NavalNews.com dan South China Morning Post website, http://www.scmp.com/news/china/diplomacy-defence/article/2083109/china-building-navys-biggest-amphibious-assault-vessel

Foto: Istimewa.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala