Home » » Saatnya Insan Perfilman Nasional Bertarung Lewat Platform Digital

Saatnya Insan Perfilman Nasional Bertarung Lewat Platform Digital

Posted by Indonesia Mandiri on Mei 14, 2020

Pemerintah ajak industri film nasional bangkit saat dan pascapandemi dengan model usaha lebih kreatif
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mendorong para sineas dan insan film memanfaatkan platform digital atau perusahaan over the top (OTT) untuk menampilkan dan menayangan hasil karyanya kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Saat jumpa pers Virtual Festival Film dan Serial Online Kerja sama Dengan GoPlay (13/5) Wishnutama menjelaskan, akan terjadi tren baru perubahan perilaku manusia atau yang disebut new normal termasuk salah satunya berdiskusi secara virtual, yang sebelum Covid-19  jarang dilakukan.

“Artinya era digital ini terakselerasi dengan cepat. Pertanyaan saya, ini bukan menjadi hal yang sementara, pascapandemi. Ini harus menjadi kekuatan baru Indonesia. Ini salah satu masa depan yang harus didukung. Untuk itu kita sambut dengan optimistis,” kata Wishnutama. Apalagi industri film nasional ikut terdampak dan terpukul dari pandemi.

Program festival film dan serial online bersama dengan GoPlay misalnya, digelar untuk mendukung kondisi luar biasa bagi industri perfilman selama pandemi Covid-19. “Saya harap teman-teman sineas, teman-teman film, teman-teman platform digital bisa membantu perkembangan film dengan caranya masing-masing. Saya juga berharap GoPlay sebagai produk anak bangsa bisa terus medukung karya-karya anak bangsa lainnya. Sehingga Industri perfilman kita semakin berjaya meskipun kita harus berhadapan dengan era digital yang makin cepat," ajaknya.

Menurut Wishnutama, OTT platform saat ini jadi trending dan marak digunakan. Namun pemain platform OTT yang ada di Indonesia rata-rata dimiliki asing. Adanya Goplay dapat menjadi OTT platfom buatan anak bangsa yang berhasil. “Ini salah satu bentuk berkompetisi dengan pemain asing. Untuk itu, pemahaman behaviour penonton kita jadi sangat penting, kita bisa membuat konten-konten yang baik sesuai dengan kemauan penonton. Sehingga apa yang akan diproduksi ke depan bisa tepat dan efisien. Hal itu menjadi cara untuk menyiapkan ekosistem baru, pemenangnya adalah siapa yang dapat memahami siapa penonton mereka, siapa costumer mereka,” jelas Wishnutama (ag/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala