Home » » Kemenparekraf Ajak Penyelenggara Event Bersiap Pasca Covid-19

Kemenparekraf Ajak Penyelenggara Event Bersiap Pasca Covid-19

Posted by Indonesia Mandiri on April 18, 2020

Segala hal harus disiapkan untuk atraksi event skala internasional guna datangkan wisatawan pasca usai pandemi covid-19
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para pelaku hingga penyelenggara event untuk berkolaborasi menghasilkan kegiatan spektakuler guna menarik minat wisatawan mancanegara/wisman dan wisatawan nusantara/wisnus saat wabah Covid-19 usai.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa saat diskusi virtual Bakusapa dengan para penggerak industri event Indonesia,  menjelaskan, pihaknya membuka kesempatan bagi para penyelenggara berkolaborasi menggelar event besar sehingga mampu mendatangkan wisatawan.

“Kami siap memfasilitasi para penyelengara event. Kami ingin berkolaborasi dengan para pelaku industri agar semakin banyak wisatawan mancanegara yang hadir dan lebih banyak pergerakan wisatawan nusantara,” ajak Rizki. Ia juga menjeleskan, Kemenparekraf memiliki program kegiatan di bidang produk wisata, dan penyelenggaraan kegiatan antara lain, peningkatan penyelenggaraan kegiatan, peningkatan pendukungan kegiatan, dan peningkatan promosi penyelenggaran kegiatan.

Selain itu, untuk strategi promosi event, Rizki menyebut akan menjalin kerja sama terkait promosi event dengan industri pariwisata yang berhubungan dengan penyelenggaraan event atau industry marketing partnership. Kemudian menjalin kerja sama terkait promosi event dengan industri pariwisata yang berhubungan dengan penyelenggaraan event. Serta melibatkan komunitas lokal dalam  pembuatan story telling terkait event dan mendorong mereka dalam menyebarkan informasi penyelenggaran event.

Rizky mengambil contoh, New Zealand Tourism melakukan Industry marketing partnership dengan VisitorPoint yang merupakan bagian dari global travel-tech group, Adventium Technology. Dalam kerja sama tersebut, VisitorPoint mendistribusikan lebih dari 3500 brosur elektronik dengan konten terkait operator pariwisata New Zealand yang ada di seluruh New Zealand.  Brosur elektronik ini terhubung langsung dengan sistem online VisitorPoint sehingga konsumen yang melihat informasi  dapat langsung klik dan memesan paket perjalanan sesuai yang dibutuhkan.
Kemenparekraf ajak penyelenggara event terus melakukan inovasi ide meski kondisi krisis seperti sekarang
“Hal itu juga kita bisa bantu untuk kerja sama dengan Online Travel Fair. Jadi penyelenggara event nanti akan kita bantu dalam membiayai promosi untuk mengiklankan eventnya pada salah satu OTA atau marketplace. Tidak hanya itu, kami juga dalam waktu dekat telah berkomunikasi dengan Garuda Indonesia sebagai mitra airlines. Sehingga bukan hanya branding tetapi sudah ke arah selling,” jelasnya.

Rizki juga mengajak para penyelegara event untuk bersama-sama berinovasi dan menghasilkan ide untuk berkegiatan yang bisa dilakukan saat wabah pandemi COVID-19 berlalu. Terlebih diprediksi akan terjadi booming di bidang pariwisata pada 2021 (ag/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala