Home » » Laksdya TNI (Purn) Joko Sumaryono, “Jangan Cepat Menyalahkan Orang Lain”

Laksdya TNI (Purn) Joko Sumaryono, “Jangan Cepat Menyalahkan Orang Lain”

Posted by INDONESIA MANDIRI on Maret 04, 2020

Laskdya TNI Joko Sumaryono saat beri kuliah dihadapan Pasis Dikreg 58 Seskoal
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL/Danseskoal pada 2004, Laksdya TNI Purn Joko Sumaryono, dihadapan 175 perwira siswa pendidikan reguler/Pasis Dikreg) angkatan 58 Seskoal, berbagi pengalaman sekaligus memompa semangat juang agar para perwira kelak menjadi pemimpin yang berkualitas.


Dalam kuliah umumnya tentang kepemimpinan di tingkat nasional, TNI dan TNI AL, Joko yang juga perintis berdirinya Bakamla RI, menekankan pentingnya untuk meniti karir dari bawah dan saat menjadi pemimpin, tak pernah melupakan dengan anak buahnya. “Tidak ada anak buah yang salah dalam kemiliteran. Jangan cepat menyalahkan orang lain,” ucap Joko yang lulusan Akademi Angkatan Laut 1973.



Pasis Dikreg 58 Seskoal juga diikuti perwira asing dari 8 negara sahabat
Joko menekankan, para pasis seskoal nantinya secara berjenjang akan menjadi bagian penting dari strategi TNI dalam Sistem Senjata Armada Terpadu/SSAT, yang nantinya bisa menjadi pemimpin, misalny, di kapal perang (KRI), pasukan (Komandan Batalyon), pangkalan, pesawat udara, dan satuan kerja lainnya.



Menurut Joko dihadapan pasis dikreg 58 yang juga diikuti dari matra AD, AU, Polri dan delapan negara sahabat, figur pemimpin harus diterima, disukai, dipatuhi, dibutuhkan dan dipatuhi. Laksda TNI Amarullah Octavian, Danseskoal yang juga mengikuti jalannya perkuliahan, menambahkan, diharapkan lulusan Seskoal pun kelak - disamping melahirkan kader sebagai Kasal - juga akan mengisi posisi sebagai Kasad, Kasau maupun Kapolri (ma).



Foto: Penseskoal/abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala