Home » » Rapim TNI Soroti Peran Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

Rapim TNI Soroti Peran Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

Posted by INDONESIA MANDIRI on Kamis, 30 Januari 2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga soroti peran PRCPB
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Dalam Rapat Pimpinan/Rapim TNI 2020 yang berakhir tadi malam (29/1), disamping membahas masapah pertahanan dan keamaman, juga disoroti peran Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB). Hal ini menjadi penting karena begitu seringnya bencana melanda negeri ini dan selalu yang bergerak cepat untuk turut menanggulangi bencana adalah TNI.

Menurut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam penanggulangan bencana alam menjadikan tantangan bagi TNI untuk dapat melaksanakan tugasnya secara optimal melalui penguatan peran PRCPB guna mengatasi lebih dari 2 (dua) trouble spots bersinergi dengan BNPB dan berbagai instansi terkait serta komponen bangsa lainnya.

Rapim TNI membahas tentang pelaksanaan capaian progam kerja di 2019 dan menetapkan prioritas program kerja 2020. Panglima TNI menyampaikan penetapan 11 Program Prioritas TNI yang dirancang untuk dapat menghadapi dinamika perkembangan lingkungan strategis dan tantangan tugas TNI ke depan.

11 program prioritas tersebut antara lain revitalisasi dan percepatan program-program Minimum Essential Force (MEF); penyempurnaan Dokrin TNI dan Angkatan; penyempurnaan organisasi TNI; pengembangan sistem pengelolaan SDM TNI; pembangunan TNI AD menjadi kekuatan terpusat, kewilayahan dan pendukung; pembangunan TNI AL melalui penyusunan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT); pembangunan TNI AU untuk mencapai air supremacy atau air superiority; pembentukan Pasukan Khusus Tri Matra; pengembangan Sistem Operasi Tri Matra yang berbasis teknologi berkemampuan Network Centric Warfare; penguatan diplomasi militer dan peningkatkan kontribusi dalam rangka memenangkan kepentingan nasional; serta sistem pengadaan Alutsista berbasis Effect-Based and Interperability (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala