Home » » KLHK Akan Benahi Penghijauan Di Lebak Dan Bogor Secara Holistik

KLHK Akan Benahi Penghijauan Di Lebak Dan Bogor Secara Holistik

Posted by INDONESIA MANDIRI on Januari 11, 2020

Menteri LHK Siti Nurbaya (baju hitam) saat berkunjung ke Bogor
Bogor (IndonesiaMandiri) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera melakukan penghijauan di Kabupaten Bogor dan Lebak, bersamaan dengan bangunan konservasi tanah dan air. “Ini akan dilaksanakan segera setelah akses Sukajaya, Bogor dan tempat-tempat di Lebak selesai ditangani Kementerian Pekerjaan Umum (PU),” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya kepada media (11/1).

Siti Nurbaya pada Jumat (10/1) meninjau langsung kondisi Bogor yang baru dilanda bencana longsor, serta bertemu dengan dua Bupati perempuan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Bogor Ade Munawaroh Yasin. “Saya yakin kita bisa tangani pasca bencana di sana dengan baik,” ujar Siti sembari mengungkapkan, dirinya beserta jajaran KLHK menindaklanjuti arahan Presiden dalam rangka penanganan holistik bencana Bogor, Lebak, dan lain-lain tempat terkait kawasan hutan dan konservasi dan secara umum wilayah hulu.

Rencananya, akan segera dilakukan penanaman pada areal 2.500 Ha di Lebak dan Bogor dan diantaranya dengan vetiver pohon akar wangi. Melihat hulu Jakarta yaitu Bogor, maka termasuk wilayah Kabupaten dan Kota Bogor sebagai kesatuan. Menurut Menteri Siti, kebun bibit permanen sudah ada di Cimanggis dengan kapasits produksi 1 juta bibit dan harus siap sesuai arahan Bapak Presiden kebun-kebun bibit di sekitar lokasi yang harus dihijaukan. Direncanakan sekitar 100 unit di Bogor yaitu di kabupaten dan 100 unit di Kabupaten Lebak, termasuk unit-unit di Kota Bogor, yang didukung juga oleh kebun bibit di Dermaga.

Siti juga bertemu Walikota Bogor Bima Arya yang menjelaskan dan meminta dukungan jalan keluar kepada KLHK atau Pemerintah Pusat untuk penyelesaian tempat pembuangan akhir sampah atau TPA, serta terkait penanganan air limbah rumah tangga. Menteri Siti merespons dengan langkah langsung yakni untuk memantapkan kebun bibit sebanyak 60.000 batang, mengembangkan ekoriparian, menata wilayah menjadi tempat yang akan menjadi spot menarik dihiasj taman dan lain-lain sehingga baik untuk swafoto dan hiburan masyarakat (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala